Hadapi Krisis Global, Masyarakat Diminta Tingkatkan Produksi Lokal

Ilustrasi kekeringan. (Foto: Unsplash)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 20 September 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mengajak masyarakat memanfaatkan tantangan krisis pangan sebagai kesempatan guna meningkatkan produksi pangan lokal. Kepala BPN Arief Prasetyo Adi meyakini ada kesempatan yang bisa dilakukan Indonesia.

“Di tengah terbatasnya produk impor, ini menjadi kesempatan kita untuk memproduksi di dalam negeri dan melakukan substitusi, seperti yang dilakukan di Papua dan Maluku dengan pangan berbahan dasar sagu,” ujar Arief.

Ia mengatakan ajakannya ini senada dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong seluruh rakyat memitigasi kondisi dunia yang tidak menentu.

“Sesuai arahan Presiden RI, saat ini tugas kita adalah memitigasi kondisi dunia yang tidak menentu agar di sisa tahun ini dan di tahun 2023 tidak gelap seperti yang diperkirakan,” ucapnya.

Arief juga mendorong masyarakat jangan bergantung kebutuhan konsumsi pada satu komoditas pokok saja. Melainkan bisa memanfaatkan keanekaragaman yang bisa konsumsi.

Baca Juga: Hadapi Krisis Global, Masyarakat Diminta Tingkatkan Produksi Lokal
Potensi Krisis Pangan, Badan Pangan Nasional Lakukan Ini

Musababnya, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Ditambah setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing, termasuk dalam hal konsumsi makanan pokok.

“Penganekaragaman konsumsi akan terus kami kampanyekan, melalui gerakan konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman atau B2SA,” pungkasnya.

Video Terkait