Media Asing Sorot Kupi Khop Khas Aceh, Disebut Sebagai Kopi Terbaik di RI

Ilustrasi Kupi Khop Khas Aceh (Oddity Central)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 19 September 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Indonesia sudah lama dikenal dengan sajian kopinya, tak terkecuali Kupi Khop yang sudah akrab bagi warga Aceh. Penyajian kopi yang unik ini pun cukup populer. Maka tak heran, jika sajian Kupi Khop bisa dijumpai di berbagai warung kopi (Warkop) di luar dari daerah asalnya.

Kupi Khop rupanya tak hanya dikenal secara lokal atau nasional, tetapi juga sudah dikenal hingga mancanegara. Bahkan baru-baru ini cara penyajian Kupi Khop juga disorot oleh media asing.

Salah satunya seperti Oddity Central, sebuah situs dari Eropa Timur yang sering mengunggah cerita unik di dunia. Dalam salah satu artikelnya disebutkan bagaimana penyajian Kupi Khop yang unik dan tak biasa.

"Kupi Khop adalah jenis kopi unik yang disajikan dalam gelas terbalik di atas piring kaca dan diseruput melalui sedotan. "Kupi Khop terdiri dari kopi robusta yang digiling kasar diseduh dalam gelas yang kemudian dibalik di atas piring kaca. Sedotan plastik kemudian digunakan untuk mengekstrak kopi secara bertahap dari gelas tanpa tumpah tak terkendali," tulis Oddity Central.

Oddity Central menuliskan bahwa Kupi Khop merupakan salah satu cara penyajian kopi paling enak yang dimiliki Indonesia. Selain itu, situs tersebut juga mengungkapkan asal muasal cara penyajian kopi dalam gelas kaca yang dibalik tersebut.

Baca Juga: Media Asing Sorot Kupi Khop Khas Aceh, Disebut Sebagai Kopi Terbaik di RI
Pembeli Protes Harga Kopi Kemahalan, Kafe Ini Didenda Rp15 Juta

"Menyajikan kopi dalam gelas terbalik memang tidak masuk akal, tapi para nelayan Aceh yang pertama kali menemukan cara penyajian yang tidak biasa ini sebenarnya tertarik pada sesuatu. Menikmati kopi sambil memancing bukanlah hal yang paling sederhana saat termos belum ditemukan," ujar unggahan itu.

"Anda harus meninggalkan cangkir Anda dan memeriksa antrean atau mencoba membawa ikan, dan itu berarti kopi sering menjadi dingin sebelum Anda kembali. Tetapi dengan tetap tertutup berarti itu tetap hangat lebih lama, belum lagi bebas dari debu, serangga, dan kotoran lainnya," tambahnya.

Video Terkait