Selain Menyehatkan, Sarang Burung Walet Juga Berperan Baik untuk Kecantikan

Ilustrasi sarang burung walet. (pertanian.go)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Senin, 19 September 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Sarang burung walet merupakan komoditas eksport andalan dalam negeri. Sesuai namanya, sarang ini dihasilkan oleh burung jenis walet. Produk yang satu ini sangat dikenal memiliki segudang manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan juga kecantikan kulit wajah.

Air liur dari burung walet mengandung protein, sedikit lemak, zat besi, kalsium, kalium, karbohidrat baik, dan magnesium. Selain itu, kandungan lainnya yaitu vitamin, mineral, glikoprotein dan tinggi antioksidan yang berperan baik bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika makanan ini termasuk dalam realfood.

Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Kecantikan Kulit

Tidak hanya kesehatan tubuh saja, tetapi nutrisi yang dimiliki sarang burung walet ini juga bermanfaat dalam kecantikan kulit. Adapun manfaat sarang burung walet yaitu:

1. Mencerahkan Kulit

Sarang burung walet mengandung Epidermal Growth Factor (EGF), yaitu protein yang berguna dalam mengoptimalkan pertumbuhan sel yang ada dalam tubuh. Berkat kandungan EGF, maka membuat kulit meregenerasi dengan optimal sesuai siklusnya, yaitu sekitar 28 hari.

Tak hanya itu, kandungan leucine juga sangat baik untuk pertumbuhan jaringan kulit serta membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan semua kandungan tersebut, otomatis membuat kulit menjadi lebih cerah.

2. Membantu Peremajaan Kulit

Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang kencang dan awet muda. Namun semua ini tidak akan berjalan tanpa hadirnya kolagen. Sebenarnya tubuh manusia bisa memproduksi kolagen, namun jumlahnya akan menurun seiring bertambahnya umur. Oleh karena itu, dibutuhkan makanan pendukung guna meningkatkan produksi kolagen, salah satunya sarang burung walet.

Protein dalam produk ini terbukti mampu merangsang dan meningkatkan produksi kolagen dalam jumlah tinggi, sehingga membantu meremajakan kulit dan membuatnya tambak lebih muda.

3. Memudarkan Flek

Munculnya flek atau noda hitam pada wajah memang sangat mengganggu penampilan. Meski terlihat sepele, flek hitam ini ternyata bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk mencegah dan mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi sarang burung walet.

Hal ini karena, makanan ini memiliki senyawa yang membantu mengurangi produksi melanin pada kulit. Sehingga flek hitam di wajah akan berangsur-angsur memudar.

4. Mengatasi Kulit Kering

Kondisi kulit kering dan sering terpapar polusi dan sinar matahari secara langsung, bisa menjadi penyebab masalah kulit kusam. Penyebab kulit kering sendiri biasanya karena kurang cukup mengonsumsi air, dehidrasi atau kekeringan.

Dengan begitu kulit menjadi sulit beregenerasi dan terlihat kusam. Semua masalah ini akan teratasi dengan sarang burung walet. Berkat kandungan hormon dan enzim di dalamnya, seperti misalnya salic acid, berperan baik dalam menghidrasi kulit sehingga mencegah kulit menjadi kering.

5. Menghaluskan dan Mengenyalkan Kulit Wajah

Pemanfaatan realfood ini ternyata bukanlah hal baru. Hal ini terbukti, sejak zaman dahulu, produk ini telah dijadikan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Tiongkok.

Biasanya sarang ini diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Mereka percaya dengan mengonsumsi sarang burung walet akan membuat kulit terasa halus dan kencang.

Baca Juga: Selain Menyehatkan, Sarang Burung Walet Juga Berperan Baik untuk Kecantikan
Laporan Khusus: Menilik Sarang Walet, Komoditas Ekspor Andalan Tanah Air

6. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Luka

Hal yang menyebalkan jika kulit kita terdapat bekas jerawat dan luka. Namun jangan khawatir, selain menggunakan obat yang diaplikasikan pada bekas tersebut, kamu juga bisa menyamarkannya dari dalam tubuh. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi sarang burung walet.

Protein khusus dan asam amino dalam sarang burung walet bermanfaat untuk meregenerasi sel dan jaringan kulit menjadi lebih maksimal, sehingga bekas jerawat dan luka pun akan tersamarkan.

Video Terkait