Hati-hati! Memeras Lemon pada Makanan Panas Ternyata Berbahaya Lho!

Ilustrasi lemon. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 21 September 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Perasan lemon seringkali diberikan pada makanan untuk memberikan rasa segar dan asam. Namun, manfaat perasan lemon pada makanan panas justru berbahaya.

Melansir Food NDTV, manfaat lemon memang sudah dikenal bagus untuk tubuh. Lemon sarat dengan beberapa nutrisi penting yang membantu meningkatkan kekebalan, kesehatan kulit, usus juga menurunkan berat badan.

Karena kaya manfaat itulah banyak orang yang sering memberikan perasan lemon pada makanan panas mereka. Menurut konsultan ahli gizi Rupali Datta, ada hal yang harus diperhatikan sebelum memeras lemon.

"Vitamin C tidak langsung terdegradasi, jadi jika Anda memeras jusnya saat Anda makan, Anda akan mendapatkan vitamin C. Bahkan dalam air panas pun sama. Faktanya, paparan oksigen menurunkan kadarnya. kandungan vitamin buah, selama periode waktu tertentu," ujarnya.

Selain itu, Dr Namita Nadar, kepala ahli gizi, Fortis Hospital Noida menjelaskan bahayanya menambahkan perasan lemon pada makanan panas.

"Kandungan vitamin C dalam buah jeruk apa pun sangat peka terhadap panas. Jadi, jika elemen buah jeruk dijatuhkan dalam makanan panas yang mengepul, bahan kimianya akan hancur total. Ini akan menghasilkan efek negatif dari vitamin C," tuturnya.

Baca Juga: Hati-hati! Memeras Lemon pada Makanan Panas Ternyata Berbahaya Lho!
Waspada! Ini Efek Samping Jeruk Lemon Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Dia menyarankan supaya perasan lemon diberikan dalam suhu normal. Bahkan lemon dingin lebih baik ketimbang panas.

“Vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh kita dan membantu melawan infeksi. Jika dicampur dengan makanan panas, akan membantu menurunkan kadar ESI, yaitu peradangan dalam tubuh. Jadi, lemon sebaiknya digunakan di suhu normal atau dalam makanan dingin."

Ahli gizi Juhi Kapoor mengunggah ke Instagram-nya untuk berbagi catatan tentang cara menambahkan jus lemon ke makanan.

"Pastikan setiap kali Anda menggunakan lemon pada persiapan makanan apa pun, cobalah untuk menjauhkan makanan dari api dan biarkan dingin sedikit sebelum Anda memeras lemon ke atasnya," tulisnya di samping sebuah posting video.