5 Manfaat Yoghurt untuk Anak, Bisa Jadi Menu Makanan yang Menyenangkan

Ilustrasi Yoghurt. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Sabtu, 19 November 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Yoghurt sudah dikenal sebagai salah satu makanan yang bergizi tinggi. Selain untuk orang dewasa, yoghurt juga sangat baik untuk anak-anak.

Maka tak salah jika Sobat Agri memperkenalkan yoghurt sebagai makanan yang sehat dan menyenangkan. Ini karena ada berbagai manfaat yang ditawarkan yogurt kepada anak-anak, mulai dari nutrisi hingga perlindungan dalam tubuhnya.

Namun, disarankan untuk memastikan yogurt yang ingin diberikan bebas dari pemanis dan perasa tambahan untuk menghindari asupan gula berlebih pada anak. Agar tak penasaran apa saja manfaat yoghurt untuk anak, berikut ini manfaat yogurt untuk anak yang dilansir dari laman parenting.firstcry.

1. Sumber Energi yang Baik

Manfaat yogurt untuk anak yang pertama yakni sebagai sumber energi. Yogurt adalah sumber protein yang dapat memberi energi pada untuk kebutuhan harian. Kamu bisa memasukan yoghurt sebagai menu didalam sarapan atau bekal ke sekolah.

2. Kaya akan Protein

Mengutip dari laman greenfieldsdairy, manfaat yoghurt sudah terbukti secara ilmiah sebagai sumber nutrisi terutama dalam hal kandungan protein. Protein dalam yogurt penting untuk perkembangan fisik anak.

Karena sangat tinggi protein, bisa juga dijadikan sebagai pengganti makanan untuk nafsu makan dan pengendalian berat badan.

3. Membantu dalam Mengatur Berat Badan

Untuk mencegah anak kelebihan berat badan dan menderita berbagai masalah kesehatan di kemudian hari, kamu bisa memasukkan yogurt ke dalam makanannya.

Mengonsumsi yogurt dalam jumlah yang baik membantu anak-anak merasa lebih cepat kenyang dari biasanya. Ini membantu mereka membatasi konsumsi makanan berlebihan sekaligus mendapatkan energi yang mereka butuhkan untuk menjalani hari.

4. Penyedia Probiotik yang Baik

Susu diubah menjadi yogurt melalui aktivitas bakteri, sehingga membuat makanan ini menyimpan sejumlah bakteri probiotik di dalamnya. Anak-anak yang mengonsumsi yogurt secara teratur cenderung mengisi kembali usus mereka dengan bakteri baik, menjaga kesehatan tetap kuat dan proses pencernaan lancar.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoghurt untuk Anak, Bisa Jadi Menu Makanan yang Menyenangkan
Jangan Salah, Ini Takaran Minum Susu yang Pas untuk Orang Dewasa

5. Sumber yang Kaya Kalsium

Susu biasanya dianggap sebagai asupan penting untuk anak karena menjadi sumber kalsium yang bagus. Tapi tidak semua anak bisa menerima susu dengan mudah dan kalsium juga tidak tersedia di banyak makanan lainnya.

Yogurt diketahui memiliki konsentrasi kalsium yang jauh lebih tinggi, bahkan lebih besar dari susu. Secangkir kecil yogurt sederhana dapat memberikan kalsium untuk anak. Ini artinya secara langsung berdampak pada perkembangan tulang dan membuatnya lebih kuat.

Video Terkait