Hati-hati! 4 Makanan Ini Mengandung Gula Tinggi

Ilustrasi Yoghurt. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 16 September 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Untuk menghasilkan energi, tubuh membutuhkan asupan gula. Akan tetapi, jika zat tersebut terlalu berlebihan, akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu selalu memperhatikan asupan gula setiap harinya. Pasalnya, ada beberapa makanan yang mengandung gula tersembunyi.

Ketika mendengar kata gula, mungkin yang terpikir adalah makanan manis, seperti kue, donat, atau permen. Tapi, gula sebenarnya juga ada di makanan yang lain, bahkan makanan yang asin dan gurih.

Ada gula tersembunyi berupa gula tambahan yang memiliki berbagai nama. Biasanya, nama gula itu dituliskan dengan kata yang berakhiran “osa” seperti fruktosa, sukrosa, maltosa, dan dekstrosa.

Menurut American Heart Association, orang dewasa perempuan juga harus membatasi mengonsumsi gula sebanyak 6 sendok teh gula sehari atau sekitar 25 gram.

Sedangkan orang dewasa laki-laki sebaiknya tidak mengonsumsi gula lebih dari 9 sendok teh atau sekitar 36 gram sehari.

Yuk, kita cari tahu di makanan apa saja yang mengandung gula tersembunyi?

Minuman Ringan

Minuman ringan seperti soda, jus atau teh kemasan, susu yang diberi perasa, hingga minuman olahraga, banyak mengandung gula atau pemanis dalam jumlah yang tinggi.

Menurut penelitian, kebiasaan minum minuman ringan yang manis ini berhubungan dengan naiknya risiko penyakit jantung. Sebisa mungkin periksa juga kandungan gula dalam minuman kemasan yang ingin kamu minum, ya.

Sereal Sarapan

Meski dianggap menyehatkan, ada baiknya kamu untuk mengecek juga komposisi gula di kemasan sereal sarapan. Jika gula tambahannya banyak, artinya jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan. Pilihlah sereal yang mengandung kira-kira 10 – 12 gram gula saja untuk setiap sajiannya.

Yogurt

Yogurt memang menyehatkan. Namun jangan lupa memeriksa tabel komposisi pada kemasannya, terutama yogurt yang diberi rasa-rasa tertentu.

Baca Juga: Hati-hati! 4 Makanan Ini Mengandung Gula Tinggi
7 Makanan Sumber Energi yang Bisa Bikin Kamu Semangat

Untuk mencegah mengonsumsi gula terlalu banyak dan tetap mendapatkan manfaat yogurt, coba saja yogurt plain dan tambahkan pemanis alami seperti madu atau buah-buahan favoritmu.

Saus Tambahan

Siapa yang suka menambahkan saus-saus saat makan, misalnya saus tomat, saus sambal, mayonaise dan saus tambahan makanan lainnya. Meski rasanya tidak manis, bukan berarti saus tidak mengandung gula.

Karenanya, batasi mengonsumsi saus tambahan itu agar gula di tubuhmu tidak berlebihan.

Video Terkait