Mengenal Aryan, Yoghurt Khas Turki yang Menyegarkan

Ilustrasi Aryan (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 10 November 2022 | 20:45 WIB

Sariagri - Pecinta kuliner atau food hunter tentunya sudah tidak asing lagi dengan minuman satu ini. Ya, kali ini kita akan membahas soal aryan, minuman yoghurt asal Turki.

Meski berasal dari negeri yang jauh, pasalnya minuman ini sudah terkenal di berbagai negara. Minuman satu ini selintas terlihat seperti susu, dengan bahan baku dari yoghurt.

Uniknya yogurt ini dicampur dengan air dan garam di dalamnya. Jadi rasanya segar dan tak terlalu asam. Agar lebih tahu, yuk kenalan sama minuman khas Bangsa Ottoman ini.

Mengenal Aryan

Seperti yang dikatakan diatas, ayran adalah minuman khas Turki yang terbuat dari campuran yogurt, air, dan garam. Menurut literatur, ayran berasal dari salah satu kota di Turki bernama Susurluk di Provinsi Balikesir.

Cara penyajiannya, aryan ditempatkan dalam gelas besar dan banyak busa di dalamnya, ayran sangat cocok dinikmati saat musim panas. Akan tetapi, penduduk asli setempat menjadikan aryan minuman sehari-hari.

Sejarah ayran

Ayran pertama kali diyakini berasal dari Asia Tengah. Tepatnya pada masa pemerintahan Gokturk sekitar tahun 552-645 SM. Asal muasalnya, aryan ditemukan secara tidak sengaja oleh masyarakat Turki.

Pada saat itu, orang turki tidak terlalu suka dengan rasa yogurt yang cukup asam, akhirnya mereka menambahkan garam untuk mengurangi rasa asam di dalamnya.

Lalu mereka mulai mencampurkan yogurt dengan air dan garam, hingga akhirnya terciptalah ayran. HIngga akhirnya membuat minuman yogurt ini jadi favorit orang-orang Turki maupun Timur Tengah.

3. Bahan baku ayran

Di Turki kebanyakan orang menggunakan yogurt domba sebagai bahan utama pembuatan ayran. Selain air, masyarakat Turki juga menggunakan susu sebagai pengganti air dalam membuat ayran. Tujuannya agar rasanya lebih gurih dan aromanya lebih enak.

4. Dijadikan minuman kemasan

Minuman segar khas Turki ini kian populer sehingga kini tak hanya dijual di kafe atau kedai. Ayran juga banyak dikemas menjadi minuman ringan siap minum yang dijual di swalayan atau toko. Kemasannya pun beragam, ada yang besar 1 literan ataupun dalam cup sekali minum.

5. Manfaat ayran

Karena terbuat dari yogurt, ayran mengandung probiotik yang cukup tinggi sehingga sangat baik saluran pencernaan. Memiliki sedikit rasa asam, namun minuman khas turki ini sangat baik dikonsumsi penderita penyakit maag maupun anak-anak.

Baca Juga: Mengenal Aryan, Yoghurt Khas Turki yang Menyegarkan
Tips Mengonsumsi Susu agar Manfaatnya Terserap Maksimal

Dikutip dari nutritionadvance, kandungan probiotik pada ayran juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah inflamasi yang bisa terjadi pada tubuh, lho.

Segar dan menyehatkan, tak heran bila masyarakat Turki sangat senang dengan minuman berbahan yogurt ini sehingga ayran juga diproduksi dan dikemas masal sehingga bisa praktis diminum.