Sering Dianggap Sampah, Ampas Tahu Ternyata Miliki Sederet Manfaat

Ilustrasi Ampas Tahu (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Kamis, 15 September 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Ampas tahu yang kita ketahui umumnya diabaikan begitu saja dan dianggap sebagai limbah. Faktanya, ampas tahu jika dimanfaatkan lebih baik lagi, ampas tahu ini bisa menjadi olahan yang bergizi.

Sisa dari hasil fermentasi tahu ini, yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari makanan lezat, pakan ternak, hingga pupuk. Biasanya, kita bisa mendapatkan ampas ini di pasar atau rumah produksi tahu.

Nah, bagi kamu yang ingin berkreasi dengan ampas tahu, berikut beberapa hal yang bisa dibuat dari ampas tahu.

1. Nata de soya

Nata de soya ternyata merupakan makanan yang dihasilkan dari fermentasi ampas tahu, loh. Olahan satu ini berasal dari ampas tahu yang diolah dengan bakteri Bacillus amyloliquefaciens.

2. Pupuk organik

Selain diolah menjadi makanan lezat dan bergizi, ampas tahu bisa dijadikan pupuk untuk tanaman. Ampas tahu mengandung berbagai mineral yang bermanfaat untuk kesuburan tanaman. Seperti kandungan nitrogen, fosfor, kalsium, dan kalium.

Ampas tahu bisa diolah menjadi pupuk organik cair atau padat. Caranya, dengan memberi EM4 atau konsentrat khusus untuk menghasilkan mikroorganisme yang baik untuk kesuburan tanaman.

3. Pakan hewan ternak

Ampas tahu juga bisa digunakan sebagai pakan ternak. Hal ini sangat baik untuk hewan ternak, sebab ampas tahu mengandung protein, lemak, dan serat yang baik untuk ternak.

Pemberian 2 kg ampas tahu yang dicampur 2,5 kg konsentrat bisa membantu pertumbuhan hewan ternak, seperti sapi dan kambing.

4. Olahan tempe gembus

Ampas tahu bisa diolah dengan ragi untuk dijadikan tempe gembus. Tempe gembus adalah salah satu makanan yang banyak dijumpai di Jawa Tengah dan paling sering diolah menjadi gorengan maupun sate kere.

5. Pakan unggas

Bagi yang memiliki peliharaan burung, ayam, dan bebek jangan khawatir. Manfaat dari ampas tahu bisa meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan burung.

Cukup campurkan ampas tahu dengan sisa gilingan kelapa. Setelah itu, berikan campuran tersebut ke hewan peliharaan. Kandungan protein dari ampas tahu bisa membantu pertumbuhan hewan peliharaan.

Baca Juga: Sering Dianggap Sampah, Ampas Tahu Ternyata Miliki Sederet Manfaat
Kisah Penjual Tempe Sukses di Australia, Pembeli Rela Antre di Cuaca Dingin

6. Olahan oncom

Manfaat ampas tahu yang paling umum digunakan adalah oncom. Oncom banyak diolah dengan cara digoreng maupun dengan sebagai campuran oseng-osengan.

Menariknya, oncom juga bermanfaat untuk mengobati perut kembung, dan baik untuk kesehatan tulang. Karena, dalam setiap 100 gram oncom mengandung 115 mg fosfor dan kalsium 96 mg.

Video Terkait