Hati-Hati saat Mengolahnya, Makanan Ini Bisa Bikin Keracunan

Ilustrasi Kacang Merah (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 15 September 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Pada umumnya, keracunan makanan terjadi pada saat seseorang mengonsumsi makanan yang sudah basi. Namun, pada kasus tertentu, keracunan makanan bisa terjadi karena kesalahan dalam pengolahan makanan.

Dampak keracunan pun bermacam-macam, mulai dari yang ringan seperti sakit perut dan diare, hingga dampak berat seperti sesak napas hingga kehilangan nyawa.

Efek yang terjadi pada tubuh saat keracunan pun beragam, ada yang mengalami diare dan sakit perut, hingga yang terparah mengalami sesak nafas lalu sampai merenggut nyawa.

Melansir Insider, berikut ini daftar makanan yang jika tidak dimasak dengan benar bisa menyebabkan keracunan.

1. Kacang merah

Kacang merah merupakan makanan yang mengandung banyak antioksidan. Namun jangan sesekali mencoba untuk memakannya ketika masih mentah, Hal tersebut sangat berbahaya.

Hanya dengan empat atau lima kacang merah, bisa membuat sakit perut dan muntah. Itu terjadi karena kacang merah mentah mengandung enzim bernama lektin. Untuk menghilangkan lektin, kamu perlu merendam kacang merah selama minimal 12 jam lalu direbus selama 10 menit.

2. Biji ceri

Biji ceri sangat berbahaya jika tertelan. Berdasarkan data Missouri Poison Center, biji ceri mengandung cyanogenic glycoside yang bisa menyebabkan kematian jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

3. Daun tomat

Tomat adalah makanan dengan antioksidan yang tinggi dan tidak berbahaya. Namun jika dimakan mentah, pastikan kamu tidak menelan bersamaan dengan daunnya.

Daun tomat mengandung solanin yang bisa menyebabkan sakit perut dan muntah. Bersihkan tomat dengan benar sebelum menghidangkannya sebagai salad agar daunnya tak ikut disajikan.

4. Biji apel

Sama seperti biji ceri, biji apel juga mengandung racun mematikan jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Biji apel mengandung racun sianida yang bisa menyebabkan muntah, masalah ginjal, hingga kehilangan kesadaran.

Baca Juga: Hati-Hati saat Mengolahnya, Makanan Ini Bisa Bikin Keracunan
Waduh! 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Ternyata Mengandung Racun

5. Kentang

Kentang mentah yang terlalu lama didiamkan dan berubah menjadi warna hijau sudah tidak boleh dimakan. Ahli gizi Julie Cunningham mengatakan, lapisan hijau pada kulit kentang berasal dari zat bernama solanin.

Pada dosis kecil, solanin memang tidak berbahaya. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa mengalami sakit perut, mual, muntah, diare, bahkan demam.

Video Terkait