Catat! 5 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Ginjal dan Tangkal Racun dalam Tubuh

Ilustrasi buah delima yang baik untuk ginjal (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 13 September 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital. Letaknya berada di bawah dekat pinggang manusia. Meski ukurannya kecil yaitu hanya sebesar bola pimpong, namun peran organ sangat penting dalam metabolisme tubuh.

Diketahui, organ ini mampu memproses setidaknya 200 liter darah dan menyaring kelebihan racun yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu untuk memaksimalkan kinerjanya, para ahli merekomendasikan kita untuk mengonsumsi berbagai macam makanan sehat guna membersihkan ginjal.

Daftar Makanan yang Ampuh Membersihkan Ginjal

Tahukah kamu, mengapa kinerja ginjal harus berjalan dengan baik? Sebab jika tidak, maka racun yang ada dalam tubuh dapat berkembang di dalam tubuh dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ penting lainnya.

Berikut ini ada sederet makanan sehat yang baik dikonsumsi guna membantu membersihkan ginjal, diantaranya sebagai berikut:

1. Kranberi

Mengutip laman Healthline, hasil penelitian uji klinis yang diterbitkan dalam jurnal nutrisi menyebutkan bahwa wanita yang gemar mengonsumsi kranberi berturut-turut selama dua minggu, maka akan mengalami penurunan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Para ahli mengatakan bahwa kandungan asam pada cairan kranberi, seperti asam malat, sitrat, dan quinic, memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu memberi perlindungan pada saluran kemih.

2. Jus Lemon

Buah asam yang satu ini memang sudah terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, antara lain menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta tak kalah pentingnya yaitu bermanfaat bagi kinerja ginjal.

Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya membantu fungsi ginjal dalam menyaring darah dan membuang limbah atau racun lainnya melalui urine.

3. Anggur

Jangan sekali-kali remehkan buah anggur. Pasalnya meski ukurannya mungil, buah ini berfungsi sebagai penangkal kanker. Buah-buahan beri seperti anggur ini ternyata mengandung senyawa yang disebut dengan resveratrol.

Resveratrol merupakan salah satu senyawa alami polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Oleh karena itu, anggur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari demi mencegah paparan radikal bebas dan racun di udara.

4. Delima

Buah merah bernama delima atau pomegranate adalah buah yang kaya nutrisi. Salah satunya karena mengandung banyak potasium yang efektif dalam menghilangkan batu ginjal.

Selain itu kandungan kalium di dalam dekina, juga bisa menurunkan keasaman urine, mencegah pembentukan batu karena sifat astringennya, membatasi kristalisasi mineral, dan membuang racun dan limbah dari ginjal.

5. Rumput Laut

Rumput laut adalah komoditas laut yang bernilai ekonomi tinggi. Tak mengherankan sebab kandungan dari rumput laut, terutama yang berwarna coklat (phaephyceae) bermanfaat menjadi kesehatan pankreas, ginjal, dan hati.

Baca Juga: Catat! 5 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Ginjal dan Tangkal Racun dalam Tubuh
Sukses Turunkan Berat Bada dalam 3 Hari, Ini Menu Diet ala Jennie Blackpink

Makanan yang satu ini pada dasarnya bisa dikonsumsi secara langsung (mentah), ataupun diolah menjadi jus segar, salad buah, camilan dan makanan sehat lainnya.

Namun, selain kelima makanan diatas, perlu diperhatikan pula untuk selalu penuhi asupan cairan tubuh guna mengoptimalkan kinerja ginjal agar berjalan lebih baik. Menurut rekomendasi Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, untuk mencegah infeksi ginjal, setiap manusia dianjurkan untuk minum delapan gelas sehari.

Video Terkait