Waduh! 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Ternyata Mengandung Racun

Ilustrasi - Komoditas kentang. (Pixnio)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Senin, 12 September 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Pada dasarnya apa yang tersedia di alam memang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Namun perlu diingat, meskipun itu adalah makanan sehat, tidak semua makanan bisa kita konsumsi secara bebas.

Namun sayangnya, hanya segelintir orang saja yang mengetahui bahwa ternyata ada makanan berbahaya dan mengandung racun. Meskipun kasus keracunan akibat makanan ini masuh jarang terjadi, namun tak ada salahnya untuk tetap harus waspada.

Daftar makanan yang mengandung racun

Dirangkum dari Listverse, berikut ini adalah 5 makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari dan mengandung racun.

1. Jamur

Jamur adalah bahan makanan yang cukup banyak digemari. Olahannya pun sangat beragam, bisa dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu, bahan isi dari sup, ataupun sebagai pelengkap topping pada makanan.

Namun tahukah kamu, jamur ternyata cukup berbahaya untuk dicerna. Ada beberapa jenis jamur yang beracun dan sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Meski begitu, ada juga jenis jamur yang aman dan umum dikonsumsi seperti jamur tiram, jamur merang, jamur kuping, jamur kancing, hingga jamur shitake.

2. Tomat

Pasti banyak yang terheran-heran, bagaimana bisa tomat jadi salah satu makanan beracun. Pasalnya, selama ini tomat dikenal sebagai makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin.

Perlu diketahui, ternyata tidak semua bagian pada tomat bisa dimakan. Hal ini dikarenakan tomat memiliki bagian yang beracun dan berbahaya jika tertelan, seperti bagian daun, akar, dan batang.

Bagian tomat tersebut mengandung bahan kimia yang bernama glycoalkaloid. Diketahui, jika senyawa itu termakan maka bisa menyebabkan efek kegelisahan dan gangguan perut yang ekstrem.

3. Pala

Pala dikebal sebagai salah satu rempah-rempah asli Tanah Air. Ia banyak digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma kuat yang mengguggah selera. Namun melansir worldatlas.com, pada biji rempah ini mengandung inhibitor oksidase, yang dikenal sebagai myristicin.

Kandungan senyawa ini dapat menyebabkan dehidrasi, halusinasi, mual, paranoia, dan efek beracun lainnya yang bisa berakibat fatal. Jangan khawatir, selama kamu masih menggunakannya dalam jumlah yang sedikit, maka tidak akan menimbulkan efek atau pengaruh apa-apa.

4. Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang paling banyak digemari. Tak hanya rasanya yang manis dan juga renyah, apel juga baik untuk kesehatan. Namun kamu tetap harus waspada, sebab pada bagian biji apel mengandung zat beracun, yang bernama amygdalin.

Zat ini juga dikenal dengan sebutan sianida yang tentunya bisa sangat berbahaya. Jika kamu tidak sengaja tertelan biji apel tidak ada efek signifikan. Namun jika dalam jumlah banyak, biji ini bisa menimbulkan gejala keracunan hingga kematian.

5. Kentang

Siapa yang berani menolak kenikmatan kentang? Begitulah kira-kira mendeskripsikan makanan yang satu ini. Saking begitu nikmatnya, kentang banyak diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti digoreng, dimakan bersama dengan sup, atau dibuat menjadi perkedel.

Baca Juga: Waduh! 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Ternyata Mengandung Racun
5 Jenis Sup Ini Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Namun tahukah kamu, meski olahannya sangat enak, ternyata kentang termasuk makanan yang mengandung racun. Racunnya ini bernama solanin yang terdapat pada batang, daunnya dan bahkan dagingnya.

Daging kentang beracun ini ditandai dengan warna hijau. Hal ini dikarenakan adanya konsentrasi racun glikoalkaloid yang tinggi. Meskipun kasus keracunan makanan ini jarang terdengar tidak, tetapi tak ada salahnya jika kamu tetap waspada dan menghindarinya.

Video Terkait