Mengenal Nasi Jagung, Makanan Pokok Pengganti Nasi yang Sangat Menyehatkan

Ilustrasi nasi jagung (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Senin, 12 September 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Nasi jagung atau juga dikenal dengan nama nasi ampok atau empok adalah makanan khas dari Jawa, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sesuai namanya, nasi ini memang terbuat dari biji jagung. Namun jagung yang digunakan yaitu jagung tua yang telah dipipil atau dipisahkan dari tongkolnya. Kemudian jagung itu jagung dikeringkan dan dihancurkan.

Sejarah Nasi Jagung

Penggunaan nasi jagung sebagai makanan pokok pengganti nasi ternyata sudah dilakukan masyarakat Jawa sejak dahulu kala. Menurut sejarah, ketika masa paceklik atau masa sulit tanam melanda, beras atau nasi adalah makanan yang sulit didapatkan. Apalagi bagi masyarakat pedesaan yang tidak mampu.

Orang pun mencari cara untuk mengganti beras dengan jagung. Pasalnya tanaman ini mudah tumbuh, serta tidak terlalu memerlukan perawatan khusus dan asupan air. Ditambah lagi hasil panennya juga bisa dikeringkan dan disimpan dalam waktu lama.

Hasil kreatif orang dahulu inilah yang melatarbelakangi mengapa nasi jagung dimanfaatkan sebagai makanan pokok alternatif pengganti nasi.

Nasi jagung menggandung banyak gizi

Meskipun terkesan menjadi makanan orang miskin ketika masa yang serba sulit, fakta lain menyebutkan bahwa nasi jagung ternyata memiliki kandungan nutrisi lengkap. Jumlahnya bahkan bisa dikatakan lebih tinggi daripada nasi beras.

Baca Juga: Mengenal Nasi Jagung, Makanan Pokok Pengganti Nasi yang Sangat Menyehatkan
5 Jenis Sup Ini Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi nasi jagung, antara lain yaitu menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula dalam darah dan tak kalah penting mampu memenuhi kebutuhan serat harian yang berpengaruh terhadap kesehatan sistem pencernaan.

Seiring berjalannya waktu, popularitas nasi jagung semakin naik. Nasi ini masih terus dikonsumsi sebagai salah satu langkah menjalankan pola hidup sehat. Biasanya nasi ini banyak dikonsumsi para pelaku diet sehat sebagai pengganti nasi beras putih, terutama para penderita diabetes.

Video Terkait