Terserang Batuk? Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

Ilustrasi minuman beralkohol. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Kamis, 22 September 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Jika batuk sedang menyerang, tentu sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Batuk yang dialami umumnya dikarenakan dari mengonsumsi makanan atau minuman sembarangan. Pasalnya, ada loh makanan dan minuman yang menjadi faktor terjadinya batuk.

Memang benar, jika batuk yang bersifat ringan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ada kalanya beberapa orang mengalami batuk berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh.

Padahal, batuk terus-menerus bisa memicu berbagai macam penyakit infeksi saluran pernapasan. Selain rajin minum obat tepat waktu sesuai resep dokter, ada cara mengobati batuk secara alami agar cepat sembuh.

Salah satunya dengan menghindari makanan dan minuman yang bikin batuk makin parah. Kira-kira, makanan apa saja yang harus dihindari saat batuk? Berikut deretan makanan dan minuman yang harus dihindari karena bikin batuk makin parah.

Makanan pedas

Banyak yang bilang, makan makanan pedas bisa bikin batuk cepat sembuh. Faktanya, mengonsumsi makanan pedas malah memperparah kondisi batuk yang dialami. Hal ini disebabkan karena kandungan capsaicin pada makanan pedas merangsang produksi dahak berlebih.

Makanan olahan

Mengonsumsi makanan fast food atau makanan kemasan malah memperparah batuk yang dialami. Asupan nutrisi berperan penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Kalau asupan nutrisi tidak terpenuhi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan. Jangan heran jika batuk yang kamu alami tidak cepat membaik.

Minuman beralkohol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol dikaitkan dengan peningkatan peradangan paru-paru dan bronkial. Ditambah lagi, minuman beralkohol menyebabkan tubuh rentan dehidrasi. Padahal, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah langkah penting agar batuk cepat sembuh.

Gorengan

Makan gorengan saat batuk itu malah membuat batuk semakin parah dan lama sembuhnya. Hal ini disebabkan karena proses menggoreng makanan menggunakan minyak yang telah dipakai berulang kali.

Baca Juga: Terserang Batuk? Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini
Tidak Hanya Makanan, 4 Minuman Ini Sangat Bahaya untuk Kesehatan Hati

Padahal, minyak yang sudah dipakai berkali-kali menghasilkan senyawa akrolein pemicu rasa gatal pada tenggorokan.

Minuman berkafein

Hindari berbagai macam minuman berkafein jika batuk yang kamu alami ingin cepat sembuh. Jauhi minuman seperti kopi, teh, dan berbagai minuman bersoda. Hal ini disebabkan karena minuman berkafein dapat memicu gas asam. Akibatnya, tenggorokan terasa gatal dan memperburuk batuk yang kita alami.

Makanan pemicu alergi

Kamu juga harus menghindari berbagai macam makanan yang memicu alergi. Pasalnya, mengonsumsi makanan pemicu alergi bikin batuk makin parah. Bahkan, makanan-makanan pemicu alergi bisa memicu reaksi berupa kejang dan sesak napas.

Video Terkait