Sering Jadi Sumber Masalah Penyakit, Ini Manfaat Hati Sapi

Ilustrasi Hati Sapi (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 9 September 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - Jeroan sapi adalah makanan favorit yang dapat dengan mudah ditemui di rumah makan padang. Salah satunya hati sapi, meski banyak yang menilai makanan ini dengan masalah kesehatan, tapi tetap saja banyak yang menyukainya.

Padahal, hati sapi tidak selalu berdampak buruk saja, lho. Ada juga manfaat dibalik mengonsumsi hati sapi. Jeroan satu ini merupakan bahan yang padat gizi, karena mengandung protein, vitamin, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui apa saja manfaat dari memakan hati sapi. Berikut ulasannya.

Mengurangi risiko anemia

Manfaat hati sapi untuk kesehatan adalah mengurangi resiko anemia. Anemia sendiri adalah suatu kondisi dimana seseorang kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Hati sapi diketahui mempunyai kedua kandungan tersebut.

Senyawa yang disebutkan barusan memiliki peran dalam membentuk sel darah merah dan menjadi bahan utama dari hemoglobin atau protein yang mengikat oksigen pada sel-sel darah merah.

Mencegah penyakit alzheimer

Hati sapi merupakan salah satu sumber mineral tembaga yang baik dikonsumsi. Sehingga bisa menghindarkan kita dari risiko alzheimer.

Seseorang dengan kadar tembaga yang tinggi dalam darah punya risiko alzheimer lebih kecil. Hal ini kemungkinan berkaitan fungsi tembaga dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan sistem saraf.

Sumber protein yang baik

Protein merupakan kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga massa otot, memperbaiki jaringan yang rusak, dan menjaga kesehatan kulit serta rambut.

Hati sapi dapat mencukupi kebutuhan protein harian tersebut. Sebab, protein dalam hati sapi setara dengan setengah dari kebutuhan protein harian untuk pria.

Mempertahankan kepadatan tulang

Mengonsumsi hati sapi punya manfaat dalam membantu menurunkan resiko osteoporosis. Mineral yang terkandung di dalam hati sapi dipercaya bisa membantu mempertahankan kepadatan tulang.

Selain itu, kandungan tersebut juga menjadi komponen yang baik untuk mempertahankan kesehatan gigi.

Mencegah kanker

Manfaat hati sapi ini lagi-lagi didapatkan berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Mengonsumsi vitamin A yang cukup dapat mengurangi risiko kanker paru-paru dan prostat dalam tubuh.

Baca Juga: Sering Jadi Sumber Masalah Penyakit, Ini Manfaat Hati Sapi
Berkolesterol Tinggi, Lidah Sapi Ternyata Baik untuk Kesehatan

Vitamin A membantu mencegah kanker dengan cara mengatur pertumbuhan beberapa jenis sel dalam tubuh. Meski telah diklaim demikian, namun masih perlu pengujian lanjut terkait manfaat hati sapi satu ini, ya!

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam hati sapi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, seperti mengurangi risiko terjadinya mata minus hingga rabun senja. Tidak hanya itu, hati sapi juga mengandung zat besi, zinc, dan tembaga. Ketiga kandungan tersebut sangat penting untuk kesehatan mata.

Video Terkait