Sering Salah! Begini Cara Tepat Menyimpan Madu

Ilustrasi Madu (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Rabu, 21 September 2022 | 20:45 WIB

Sariagri - Siapa sih yang tidak tahu khasiat dari madu? Banyak sekali orang yang memanfaatkan khasiat dari madu untuk segala macam permasalahan kesehatan.

Sayangnya, banyak juga yang masih salah dalam menyimpan madu. Memang benar, madu berkualitas baik bisa disimpan dan bertahan lama. Akan tetapi, cara menyimpan madu yang salah dapat mempengaruhi kualitas madu tersebut.

Akibatnya, madu menjadi basi dan tidak layak untuk dikonsumsi. Agar kualitas madu terjaga dengan baik, begini cara menyimpan madu yang benar.

Jangan simpan madu di kulkas

Banyak orang masih kerap menyimpan madu di kulkas. Alasannya agar kualitas madu terjaga dengan baik, tetap segar, dan tidak cepat basi. Padahal, menyimpan madu di kulkas merupakan cara penyimpanan yang salah.

Cara penyimpanan madu satu ini sering banget dilakukan. Hal ini karena agar madu bisa jadi awet. Padahal salah besar jika kamu menyimpannya di dalam kulkas.

Perlu kamu ketahui, jika madu cukup sensitif terhadap suhu. Artinya, pada suhu tertentu madu akan mengalami kerusakan. Jadi, hindari menyimpan madu di dalam freezer atau kulkas. Karena dikhawatirkan dapat merusak kandungan pada madu.

Jangan terkontaminasi cairan lain

Dalam menyimpan madu, kamu disarankan untuk memastikan tempat penyimpanan benar-benar bersih. Jangan sampai menyimpan madu di tempat yang berisiko menyebabkan madu terkontaminasi dengan cairan lain.

Selalu simpan madu dalam wadah bersih dan tertutup rapat. Jika ingin mengambil madu, gunakan sendok kering dan bersih. Sendok madu yang basah menyebabkan reaksi fermentasi, sehingga kualitas madu akan berkurang.

Simpan dalam wadah tertutup

Cara selanjutnya adalah menyimpan madu di wadah tertutup. Baik menggunakan wadah kemasan asli, plastik atau lebih baiknya lagi menggunakan toples kaca. Hanya saja, disarankan tidak menyimpan madu ke dalam wadah berbahan logam karena bisa terjadi oksidasi.

Simpan di suhu ruang

Madu bisa mengeras dan membeku saat disimpan di dalam kulkas dan suhu dingin. Oleh karena itu, alih-alih memasukkan ke dalam kulkas, akan lebih baik kalau menyimpan madu di suhu ruang.

Lantas, bagaimana jika suhu di rumah cenderung hangat atau bahkan panas? Guna menjaga kualitas madu, Mama Papa disarankan menyimpan madu di tempat atau ruangan yang paling dingin di rumah.

Baca Juga: Sering Salah! Begini Cara Tepat Menyimpan Madu
Wajib Tahu! Begini Cara Membedakan Madu Asli dengan Campuran

Hindari paparan sinar matahari langsung

Terakhir, pastikan menyimpan madu di ruangan yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Bahkan, disarankan pula untuk tidak menyimpan madu berdekatan dengan sumber panas lain di rumah, seperti salah satunya kompor.

Hal ini disebabkan karena paparan sinar matahari langsung menyebabkan madu menjadi berbusa dan mengeluarkan gas. Parahnya, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan madu meledak akibat adanya reaksi dari paparan sumber panas.

Video Terkait