Ingin Awet Muda di Usia 40 Tahunan? Coba Deh Konsumsi Makanan Ini

Ilustrasi brokoli. (Freepik)

Editor: Dera - Selasa, 6 September 2022 | 14:15 WIB

Sariagri - Memasuki usia 40 tahunan terkadang mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit. Namun Sobat Agri tak perlu khawatir, lantaran kamu tetap bisa terlihat awet muda. 

Salah satu upaya menjaga kecantikan kulit wajah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin olahraga dan pastinya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.  

Berikut sederet makanan sehat yang bikin kulit tetap cantik dan awet muda. 

1. Pepaya

Kaya akan berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral, makanan enak ini dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Di dalam pepaya terkandung beberapa kandungan seperti vitamin A, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B. 

Pepaya juga mengandung berbagai macam antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan. Di dalamnya juga terkandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi terbaik dari alam.

2. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan pembangkit tenaga anti-inflamasi dan anti-penuaan. Di dalamnya terkandung vitamin C dan K, berbagai antioksidan, serat, folat, lutein, dan kalsium. Tubuh sendiri membutuhkan vitamin C untuk produksi kolagen, protein utama dalam kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas.

3. Kacang

Banyak jenis kacang, khususnya almond, yang menjadi sumber vitamin E yang bagus. Vitamin E sendiri dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV.

Kacang kenari juga bisa dikonsumsi karena mengandung asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang memberikan banyak manfaat. Di antaranya memperkuat membran sel kulit, melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya dengan menjaga penghalang minyak alami.

4. Selada air

Selada air mempunyai manfaat untuk kesehatan yang beragam. Sayuran hijau berdaun padat nutrisi ini membantu menghidrasi dan adalah sumber yang bagus untuk kalsium, kalium, mangan, fosfor, serta vitamin A, C, K, B-1, dan B-2.

Bertindak sebagai antiseptik kulit internal, selada air membantu meningkatkan sirkulasi dan pengiriman mineral ke semua sel tubuh, menghasilkan peningkatan oksigenasi kulit. Kandungan vitamin A dan C, serta antioksidan dalam selada air juga dapat menetralkan radikal bebas berbahaya, membantu menjaga garis-garis halus dan kerutan.

Baca Juga: Ingin Awet Muda di Usia 40 Tahunan? Coba Deh Konsumsi Makanan Ini
Menolak Tua, Ini 5 Nutrisi yang Dibutuhkan Kulit

5. Alpukat

Alpukat bermanfaat membuat kulit halus dan kenyal karena kaya akan asam lemak penangkal peradangan. Buah yang banyak disukai ini juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat mencegah efek negatif penuaan, seperti vitamin K, C, E, dan A, vitamin B, dan kalium.

Tingginya kandungan vitamin A dalam alpukat bermanfaat membantu melepaskan sel-sel kulit mati, membuat kulit menjadi lebih cantik dan bercahaya. Kandungan karotenoid di dalamnya juga dapat membantu memblokir racun dan kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memberi perlindungan terhadap kanker kulit.

 

Video Terkait