Meski Pahit, Ini 3 Manfaat Penting Minum Kopi untuk Tubuh

Ilustrasi kopi. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 9 September 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Kopi sering dianggap tidak baik untuk kesehatan karena membuat peminumnya tidak bisa tidur. Padahal, kopi sebenarnya memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Melansir Pinkvilla, ada tiga manfaat minum kopi untuk tubuh:

1. Energi
Manfaat minum kopi adalah menambah energi untuk tubuh. Peneletian tahun 2018 menyebutkan minum kopi akan meningkatkan aktivitas fisik tubuh.

Dari penelitian tersebut dikatakan pekerja harian wanita yang minum satu atau dua cangkir kopi secara teratur akan mencapai tingkat aktivitas fisik harian yang direkomendasikan ketimbang yang tidak minum kopi.

2. Kesehatan jantung
Manfaat minum kopi juga berpengaruh pada kesehatan hati. Menurut penelitian, mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi dalam rutinitas sehari-hari lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung dibandingkan yang tidak.

Penelitian terbaru juga mengkonfirmasi temuan penelitian sebelumnya dan menunjukkan minum kopi lebih banyak dapat mengurangi risiko gagal jantung.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Manfaat minum kopi juga untuk mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Biasanya, diabetes tipe 2 masuk sebagai penyakit kronis yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi setiap hari lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Hal ini karena kopi mampu menjaga fungsi sel beta di pankreas dan bertanggung jawab untuk memproduksi insulin.

Meski baik untuk kesehatan, minum kopi secara berlebihan dapat menyebabkan kecemasan berlebih, insomnia dan masalah pencernaan.

Video Terkait



Baca Juga: Meski Pahit, Ini 3 Manfaat Penting Minum Kopi untuk Tubuh
Minum Kopi Bikin Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?