Dijamin Bikin Laper, Begini Masak Kangkung Biar Lebih Nikmat

Ilustrasi Memasak Kangkung (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Sabtu, 8 Oktober 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan kangkung. Bagaimana tidak, kangkung merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari karena rasanya yang lezat. Selain itu, sayuran hijau ini juga memiliki harga yang tidak bikin kantong jebol.

Tak heran jika banyak orang yang menyukai sayuran yang bernama ilmiah Ipomoea aquatica ini. Perlu kamu ketahui, tanaman sayur yang berasal dari India ini memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. Misalnya protein, serat, natrium, kalium, dan vitamin C.

Sayuran yang disebut water spinach ini umumnya diolah dengan cara ditumis. Namun, meski terlihat gampang dalam memasak kangkung, masih aja ada saja yang salah dalam tata caranya.

Salah satu permasalahan yang ditemui saat memasak kangkung adalah perubahan warna yang menjadi menghitam. Tentunya, kangkung yang berubah warna menjadi hitam kurang menarik untuk dihidangkan.

Padahal jika kamu melakukannya dengan benar, kangkung tidak akan berubah warna dan rasanya jadi lebih nikmat, loh. Berikut ini cara memasak kangkung agar tetap berwarna hijau segar dan tidak menghitam. Simak rahasianya dibawah ini.

Pilih Kangkung yang Berukuran Besar

Saat kamu hendak membelinya, kamu disarankan untuk memilih kangkung yang mempunyai batang dan daun yang besar. Hal itu karena jika kangkung dimasak jadi tidak cepat layu dan menghitam.

Masukkan Bumbu Terlebih Dahulu

Apakah kamu biasanya memasak tumis kangkung dengan memasukkan kangkungnya terlebih dahulu baru memasukkan aneka saus dan bambu. Jika iya, sebaiknya jangan diulang lagi ya.

Baca Juga: Dijamin Bikin Laper, Begini Masak Kangkung Biar Lebih Nikmat
Tak Bisa Disepelekan, Ini Bahayanya Makan Sambil Berdiri

Hal ini akan membuat kangkung terlalu lama dimasak, kangkung pun menjadi layu dan menghitam. Ada baiknya kamu mencampurkan semua bumbu terlebih dahulu baru masukkanlah kangkung.

Selain itu, dengan cara ini juga lebih cepat membuat kangkung matang. Jangan masak kangkung terlalu lama juga, agar kangkung tidak menghitam.