Cukup Gunakan Tisu, Ini Cara Benar Menyimpan Jamur di Kulkas

Ilustrasi jamur kancing putih. (Pexels)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 6 September 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Di Indonesia, terdapat beragam jenis jamur yang bisa dijadikan berbagai olahan masakan. Seperti yang kita ketahui, jamur-jamur tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jamur banyak diburu karena dinilai memiliki harga yang ekonomis.

Sayangnya, ada beberapa hal yang dilupakan saat kita menyimpan jamur dalam keadaan yang belum diolah. Kebanyakan orang mungkin hanya menaruhnya di dalam wadah dan langsung menyimpannya didalam kulkas. Padahal, cara ini merupakan cara yang salah.

Cara menyimpan jamur yang salah bisa membuatnya cepat busuk. Sebab jamur memiliki kandungan air yang sangat tinggi, bahkan mencapai 80-90%. Itulah mengapa ketika ingin menyimpan jamur, tidak disarankan untuk langsung memasukkannya ke dalam kulkas.

Nah, berikut ini beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menyimpan jamur agar tahan lebih lama:

1. Beli jamur yang masih segar

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli jamur yang masih segar. Kamu bisa melihat dari ciri fisiknya, jamur yang segar adalah jamur tidak kering atau memiliki banyak kerut.

Selain itu, kamu bisa mencium aroma jamur, karena jamur segar punya aroma yang khas, seperti tanah.

2. Bersihkan jamur dengan tisu dan pisau

Setelah kamu berhasil mendapatkan jamur yang segar, Bersihkan kotoran yang ada menempel di jamur dengan cara mengelapnya menggunakan tisu dapur atau kain kering hingga benar-benar bersih.

Jika ada bercak-bercak cokelat di sisi jamur, kamu bisa mencongkelnya menggunakan pisau dan jangan lupa untuk menghilangkan akar jamur. Hal ini untuk menghindari jamur cepat busuk dan lembab serta basah.

3. Jangan dicuci

Setelah dirasa sudah bersih, hindari mencucinya. Mencuci jamur justru membuatnya jadi lebih cepat busuk dan menyebabkan jamur mengeluarkan lendir. Karena itu, pastikan kalau jamur masih dalam keadaan kering.

4. Bungkus jamur dengan kertas

Langkah berikutnya kamu bisa membungkus jamur dengan kertas atau tisu dapur kering terlebih dahulu. Teknik ini agar kandungan air pada jamur terserap ke dalam tisu atau kertas.

5. Masukan dalam wadah kedap udara

Setelah dibungkus dengan kertas atau tisu, kamu bisa langsung memasukan jamur ke dalam wadah kedap udara. Cara menyimpan jamur satu ini bertujuan agar tidak ada udara ketika jamur disimpan sehingga tidak mudah busuk.

Baca Juga: Cukup Gunakan Tisu, Ini Cara Benar Menyimpan Jamur di Kulkas
Tips Mengolah Jengkol Menjadi Lebih Nikmat untuk Dikonsumsi

6. Simpan di dalam kulkas bagian bawah

Terakhir, langsung simpan jamur di dalam kulkas pada bagian paling bawah. Sebenarnya bagian kulkas mana saja tidak masalah, tetapi lebih ideal jika ditaruh di rak paling bawah atau rak sayuran.

Karena rak tersebut umumnya punya suhu yang cocok untuk menyimpan jamur, karena tidak terlalu dingin dan lembab. Sebaiknya hindari menyimpan jamur di dekat durian, seledri, bawang, atau makanan beraroma menyengat lainnya.

Video Terkait