Ingin Pencernaan Sehat? Coba Deh Konsumsi Jus Apel dan Lidah Buaya

Ilustrasi apel. (pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Kebiasaan gaya hidup seperti melewatkan makan, makan berlebihan, junk food dan makanan berminyak menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang kurang baik jika tidak ditangani.

Salah satu yang berdampak pada gaya hidup seperti itu adalah gangguan sistem pencernaan. Melansir Food NDTV, nantinya, fungsi tubuh akan terganggu.

Salah satu cara untuk menghindari dampak buruk pada sistem pencernaan adalah dengan membuang racun dalam tubuh. Caranya bisa dimulai dari meminum jus apel dan lidah buaya.

Minuman ini dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Menurut buku Healing Foods oleh DK Publishing House, lidah buaya memiliki efek pendinginan, anti-inflamasi pada usu dan membantu meringankan sembelit juga membantu membersihkan parasit usus.

Tidak hanya apel dan lidah buaya saja, jus ini juga bisa ditambahkan dengan kunyit dan jahe. Kunyit memiliki dampak menenangkan pada usus, menghilangkan rasa sakit dan ketegangan juga membantu meningkatkan sirkulasi.

Sedangkan jahe dapat merangsang saluran pencernaan dan meningkatkan tekanan darah. "Jika kamu menderita tekanan darah tinggi, hilangkan jahe," tulis buku tersebut.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus tersebut adalah sebuah apel, satu daun besar lidah buaya, kunyit 1 sentimeter dan jahe 1 cm.

Pertama, kupas jahe dan kunyit lalu cuci bersih. Potong menjadi dua bagian. Kemudian, potong juga apel menjadi dua bagian.

Baca Juga: Ingin Pencernaan Sehat? Coba Deh Konsumsi Jus Apel dan Lidah Buaya
5 Makanan Ini Bikin Umur Panjang, Salah Satunya Bawang Putih

Kedua, buanglah bagian kuning pada daun lidah buaya dengan pisau. Setelah itu, kikis gel usai mengiris daun memanjang.

Ketiga, masukkan semua bahan dalam juicer. Setelah lembut, tuangkan ke dalam gelas. Namun jika terasa terlalu kental, masukkan sedikit air saat hendak memblender.

Namun perlu diingat Sobat Agri, setiap orang mempunyai reaksi berbeda-beda. Jika dirimu mempunyai alergi tertentu, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya ya.

Video Terkait