Minum Kopi Bikin Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi minum kopi (Pexels)

Editor: Dera - Sabtu, 3 September 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Kafein merupakan stimulan yang banyak dijumpai pada makanan dan minuman. Kafein juga disebut sebagai zat yang bekerja dengan cara menstimulasi pusat saraf.

Sementara beberapa orang menggunakan kafein sebagai obat sakit kepala. Jika tubuh dalam kondisi normal akan membantu menekan aktivitas sistem saraf. Hasilnya sel tubuh menjadi lebih aktif, sehingga banyak digunakan untuk menjaga stamina agar tidak cepat lesu dan mengantuk

Melansir Healthline, dalam beberapa kasus, kafein dapat meredakan sakit kepala dan membantu pemulihan dari sakit kepala.

Berikut alasan mengonsumsi kopi bisa menjadi obat ataupun penyebab sakit kepala.

Kafein bisa menjadi obati sakit kepala

Sebagian besar penelitian menemukan bahwa kafein sedikitnya dapat meningkatkan kemanjuran analgesik seperti ibuprofen atau acetaminophen. Namun secara statistik peningkatannya kecil dan disebut tidak signifikan. 

Ulasan terbaru juga melihat apakah kafein memang meningkatkan analgesik untuk mengobati sakit kepala. Di mana ulasan ini menemukan bahwa kafein secara signifikan dapat membantu pemulihan sakit kepala.

Cara kerja kafein menyembuhkan sakit kepala

Sebelum seseorang mengalami sakit kepala, pembuluh darah cenderung melebar. Dengan sifat kafein yaitu vasokonstriksi, artinya sifat tersebut dapat membatasi aliran darah dan mempersempit pembuluh darah. Karena kafein mencegah pelebaran pembuluh darah, kafein disebut dapat mencegah sakit kepala.

Menurut Cleveland Clinic, obat sakit kepala mengandung kafein, karena itu beberapa orang mungkin menganggap bahwa secangkir kopi dapat meredakan sakit kepala yang mereka alami. 

Kafein bisa menjadi pemicu sakit kepala

Selain untuk menyembuhkan sakit kepala, di sisi lain kafein dapat menjadi penyebab sakit kepala. Pada saat mengonsumsi kafein membuat kamu lebih sering buang air kecil dan berpotensi dehidrasi, itulah yang menyebabkan sakit kepala.

Selain itu overdosis kafein juga menyebabkan sakit kepala. Menurut Mayo Clinic, overdosis kafein dapat menyebabkan sakit kepala dan memiliki efek samping lainya. Batas dosis kafein per hari sekitar 400 miligram, meskipun beberapa orang dapat mentolerir lebih sedikit atau lebih banyak. 

Baca Juga: Minum Kopi Bikin Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?
Hati-hati! Merokok Sambil Minum Kopi Bisa Berakibat Fatal pada Jantung

Meskipun kopi mengandung kafein, namun kopi bukan satu-satunya yang mengandung kafein. Konsumsi makanan dan  minuman yang mengandung kafein juga harus dibatasi agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

Intinya, kopi sangat baik untuk tubuh Sobat Agri, namun mengonsumsinya secara berlebihan justru menimbulkan gangguan kesehatan, salah satunya sakit kepala. 

Video Terkait