Emak-emak Wajib Tahu Ada Telur Ayam Murah, Simak Nih Lokasinya

Telur ayam konsumsi yang dijual di pasar tradisional Palembang (SariAgri/Rio P)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Jumat, 2 September 2022 | 14:15 WIB

Sariagri - Badan Pangan Nasional (National Food Agency) menyelenggarakan Operasi Pasar dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga telur yang beberapa waktu belakangan naik mencapai lebih dari Rp30.000 per kilogram.

Harga telur ayam di bazar tersebut ditawarkan Rp27.000 per kilogram. Diketahui Badan Pangan Nasional akan menggelar Operasi Pasar Telur tersebut di 5 tiitk di Jakarta. Adapun Operasi Pasar ini akan berlangsung sejak tanggal 1 hingga 5 September 2022.

"Dalam rangka upaya stabilisasi pasokan dan harga telur, Badan Pangan Nasional akan menggelar Operasi Pasar (OP) Telur pada 5 titik di Jakarta," tulis keterangan resmi Badan Pangan Nasional, Jumat (2/9).

Lokasi Pasar

Baca Juga: Emak-emak Wajib Tahu Ada Telur Ayam Murah, Simak Nih Lokasinya
Kelewat Murah, Rp5.000 Dapat 10 Telur Pindang, Warganet: Jualan Apa Sedekah?

1. Pasar Minggu
2. Pasar Cijantung
3. Pasar Inpres Bata Putih Kebayoran Lama
4. Pasar Kebayoran Lama
5. Pasar Sayur Cipulir

Secara terpisah, Ketua Umum DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri mengungkapkan persoalan harga telur tinggi saat ini tidak hanya dipengaruhi oleh ketersediaan dan permintaan, tetapi juga dipengaruhi oleh pakan ayam petelur yang tinggi, bibit ayam mahal serta distribusi yang terkendala.

"Persoalan telur itu enggak hanya masalah supply dan demand ya. Ada pengaruh dari DOC-nya tinggi, pakan tinggi, terus distribusi juga mengalami persoalan. Pasokannya juga enggak begitu banyak, itu juga yang membuat harga semakin tinggi," jelasnya.

"Kami sedang melakukan upaya percepatan distribusi, sehingga harga bisa cepat turun," sambungnya.

Video Terkait