Biar Gak Lengket! Begini Cara Menggoreng Tahu yang Benar

Ilustrasi Tahu Goreng (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 2 September 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Tahu merupakan panganan yang banyak digemari. Selain memiliki rasa yang lezat, makanan yang terbuat dari hasil olahan kacang kedelai ini memiliki harga yang ramah dikantong.

Akan tetapi, terkadang kita menemukan tahu yang lengket di wajan saat kita menggorengnya. Alhasil, besar kemungkinan tahu yang digoreng akan hancur.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang perlu kamu diperhatikan untuk menggoreng tahu agar tidak hancur maupun lengket.

1. Pilih Tahu dengan Kualitas Baik

Dalam membeli, hendaknya kamu memilih tahu yang benar-benar memiliki kualitas yang baik. Selain itu, jika kamu ingin memasak tahu dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa mengukusnya terlebih dahulu sebelum disimpan.

Alasannya agar kualitas tahu tetap baik atau kamu bisa menyimpan tahu dengan merendamnya pakai air dan mengganti air tersebut secara berkala.

2. Cuci wajan

Kebersihan wajan juga bisa menjadi faktor tahu tidak hancur saat dimasak. Alat penggorengan yang bersih bisa membuat tahu goreng rendah berisiko hancur atau lengket. Hindari menggunakan wajan bekas menggoreng bahan makanan lain apalagi untuk bahan makanan yang banyak bumbu.

3. Gunakan Minyak Banyak

Tuangkan minyak yang banyak jika ingin menggoreng tahu. Minyak yang banyak memungkinkan tahu terendam dengan baik. Hal ini bisa membuat tahu tetap utuh saat digoreng dan juga membuat tahu matang merata.

4. Masukkan Tahu Saat Minyak Benar-Benar Panas

Menggoreng tahu di minyak yang belum panas akan membuat tahu rentan hancur dan lengket. Saat membalik tahu, sebaiknya juga tunggu hingga bagian bawah tahu benar-benar kering.

Baca Juga: Biar Gak Lengket! Begini Cara Menggoreng Tahu yang Benar
Tips Mengolah Jengkol Menjadi Lebih Nikmat untuk Dikonsumsi

Biasanya tahu yang telah kering bagian bawahnya akan naik ke permukaan minyak dan memudahkamu membaliknya. Selain itu, kamu juga tidak boleh membolak-balikkan tahu terlalu sering agar tidak hancur.

5. Gunakan Api Sedang yang Stabil

Usahakan untuk menggoreng tahu di atas api sedang dengan panas yang stabil. Hal ini akan memungkinkan tahu matang merata dan rendah berisiko hancur, lengket atau pun lembek.

Video Terkait