Mengenal Donburi, Hidangan Nasi Khas Jepang dengan Topping Lauk Nikmat

Ilustrasi donburi (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 2 September 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Donburi merupakan salah satu hidangan khas dari negeri sakura. Dalam sehari-hari, makanan ini sangat umum dikonsumsi masyarakat Jepang. Namun sajian ini ternyata bukan menu yang baru. Pasalnya donburi ternyata sudah ada sejak tahun 1860-an.

Lantas apa sebenarnya donburi itu, berikut penjelasannya.

Apa itu donburi?

Tidak hanya orang Indonesia saja yang mengonsumsi nasi, tetapi orang Jepang juga terbiasa mengonsumsi nasi atau biasa disebut donburi.

Donburi pada dasarnya adalah makanan berupa nasi dengan lauk yang disajikan dalam mangkuk. Umumnya isi lauk donburi sangat beragam dan komplit. Soal rasa jangan ditanya, sebab tentu saja makanan ini memiliki rasa yang lezat.

Dilansir dari Live Japan, donburi ternyata sudah ada sejak lama. Berdasarkan sejarah, hidangan ini berasal dari houhan, yaitu hidangan yang dibuat selama periode Muromachi.

Houhan sendiri adalah hidangan di mana nasi ditumpuk di atas piring dan kemudian diberikan topping berupa sayuran, hidangan rebus, ikan, dan saus atau sup.

Secara spesifik, donburi memiliki karakteristik unik sehingga membuatnya terkesan istimewa. Berdasarkan hasil putusan dari All Japan Donburi Union mengatakan bahwa mangkuk donburi harus memiliki diameter lebih dari 15 cm, tinggi 5cm, dan termasuk satu macam topping di atas nasi.

Namun aturan ini bukanlah pedoman resmi. Sehingga jika ada yang membuat hidangan dengan mangkuk nasi yang lebih kecil dan beberapa topping di atasnya, masih tetap bisa dikatakan sebagai donburi.

Jenis-jenis donburi

Secara umum, donburi yang sering dilihat adalah yang menggunakan topping daging sapi, ayam, maupun seafood. Namun, tak menutup kemungkinan juga donburi juga disajikan menggunakan topping yuba (kulit tahu).

Bahkan ada juga Aburafudon, yaitu jenis donburi yang menyajikan nasi dengan topping berupa aburafu atau gluten gandum goreng. Jenis lainnya ada juga yang menggunakan tofu rebus dalam kaldu yang disebut tofu-don (juga disebut tofu-meshi).

Selain itu ada juga foie gras-don, di mana nasi ditambahkan topping potongan foie gras dengan tampilan mewah.

Harga donburi

Sebagai makanan yang umum disajikan dalam kehidupan sehari-hari, membuat banyak restoran di Jepang banyak menyajikan hidangan donburi dalam menunya.

Baca Juga: Mengenal Donburi, Hidangan Nasi Khas Jepang dengan Topping Lauk Nikmat
Apa Benar Singkong Miliki Banyak Manfaat Dibandingkan Nasi? Ini Jawabannya

Bahkan donburi bisa ditemui di mana saja, seperti kedai makanan, minimarket, setiap stasiun kereta dan lainnya. Meski hidangan ini sangat populer, harganya tergolong cukup murah.

Umumnya, donburi yang disajikan di restoran, dibanderol dengan harga kurang dari 1.000 Yen atau sekitar 90 ribuan (kurang dari Rp 100 ribu).