Wajib Tahu! Ini Efek Samping Konsumsi Ipomoea Secara Berlebihan

Ilustrasi ipomoea (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 7 September 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Ipomoea adalah tumbuhan yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan herbal. Di dalamnya terkandung seperti vitamin, karbohidrat, protein dan sebagainya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Peranan senyawa tersebut bisa bermanfaat membantu tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit yang dialami tubuh. Namun selain dimanfaatkan untuk tubuh, ternyata tumbuhan ini juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Efek samping tanaman ipomoea

Ipomoea memiliki efek samping yang dapat terjadi jika menggunakan obat herbal secara berlebihan atau tidak sesuai dengan aturan yang dianjurkan. Berikut ini efek samping dari tumbuhan ipomoea yang perlu diketahui:

1. Gagal Ginjal

Pada dasarnya hampir semua obat herbal yang berasal dari tumbuhan, memiliki efek samping tak terkecuali ipomoea. Oleh karena itu hendaknya dikonsumsi secara hati-hati. Obat herbal biasanya akan berproses ke bagian ginjal sebagai proses meneksresikan obat tersebut.

Ginjal sendiri adalah suatu tempat sebagai penyaringan terhadap makanan atau minuman yang masuk dalam tubuh.

Tumbuhan ini ternyata juga mengandung beberapa senyawa yang tidak baik untuk diserap oleh ginjal, sehingga jika ingin mengonsumsi dari tumbuhan tersebut, maka harus diimbangi dengan meminum air putih yang cukup banyak untuk membantu penyerapan yang baik pada ginjal.

2. Dicampur dengan Obat Kimia

Banyak yang menyebutkan jika ingin mengonsumsi obat herbal, maka kita tidak dalam mengonsumsi obat-obatan yang lainnya. Hal ini dikarenakan setiap obat herbal tentu memiliki struktur kimia yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Efek Samping Konsumsi Ipomoea Secara Berlebihan
Mengenal Eucalyptus, Tanaman Herbal yang Diklaim Bica Mencegah Virus Corona

Hal inilah yang membuatnya harus dikonsumsi tersendiri tanpa harus dicampur dengan obat-obatan kimia lainnya. Jika kondisi mendesak, maka kamu bisa mengonsumsi dua obat ini namun dengan memberikan jeda.

Sebab jika tidak, maka penyerapan di dalam tubuh tidak berjalan baik dan tidak lancar serta dapat memberikan endapan yang tidak baik.

Video Terkait