Selain Lemon, Ini 4 Jenis Jeruk untuk Memasak

Ilustrasi jenis jeruk untuk masak. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 14 November 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Perasaan jeruk biasanya dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis, aroma dan menetralkan lemak pada makanan. Jeruk yang paling sering digunakan adalah lemon.

Namun, ada beragam jenis jeruk yang bisa digunakan untuk masakan lho. Selain lemon, terdapat jeruk nipis, purut, limau dan lainnya.

Melansir sejumlah sumber, berikut ini jenis jeruk untuk masak:

1. Jeruk nipis

Baca Juga: Selain Lemon, Ini 4 Jenis Jeruk untuk Memasak
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat



Jeruk nipis termasuk jenis jeruk untuk masak dan paling umum digunakan. Ciri jeruk ini memiliki kulit keras dengan warna hijau tua atau kuning, ukurannya pun tidak terlalu besar.

Fungsi jeruk nipis biasanya sebagai pengganti lemon.

2. Jeruk lemon cui


Jeruk lemon cui juga termasuk jenis jeruk yang digunakan untuk masak. Jeruk lemon cui atau biasa disebut sebagai jeruk kunci dengan ukuran sekitar 2-2,5 cm.

Jeruk lemon cui memiliki warna daging buah oranye tetapi rasanya sangat asam. Biasanya, perasan jeruk ini digunakan untuk sambal, ikan bakar dan acar.

3. Jeruk purut

Jeruk purut termasuk jenis jeruk yang digunakan untuk masak. Ciri fisiknya berkulit tebal dan keriput, warna hijau kekuningan hingga hijau tua. Daging buahnya seperti jeruk nipis yaitu putih dengan kandungan air yang sedikit.

Biasanya, jeruk purut akan diperas juga diparut sedikit kulitnya untuk aroma segar pada kue atau puding. Perasan jeruk ini paling sering digunakan untuk penetral aroma amis pada ikan, udang, ayam atau daging.

4. Jeruk limau

Jeruk limau juga sering digunakan untuk memasak. Ukurannya kecil dengan diameter sekitar 3-4 cm, berbentuk agak pipih dan berkulit hijau gelap keriput. Biasanya, jeruk ini digunakan untuk sambal, soto dan seafood.