Tips dan Trik Kurangi Kadar Gula dalam Nasi agar Lebih Sehat Dikonsumsi

Ilustrasi nasi putih (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 1 September 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Nasi adalah makanan pokok utama bagi masyarakat Indonesia. Perannya begitu penting, sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Bahkan sebagian besar orang Indonesia kerap menganggap belum makan jika belum mengonsumsi nasi. Namun tahukah kamu Sobat Agri, terlepas dari pentingnya makanan ini, ternyata nasi menjadi momok yang menakutkan bagi penderita diabetes.

Pasalnya, nasi putih memiliki kadar glikemik yang bisa menaikkan kadar gula darah secara cepat. Hal ini bisa membuat seseorang merasa cepat lelah dan mengantuk, bahkan berujung pada munculnya penyakit diabetes.

Pada dasarnya mengonsumsi nasi bukan sesuatu yang dilarang. Namun alangkah baiknya jika nasi yang dikonsumsi tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Yuk simak tips dan trik kurangi kadar gula dalam nasi agar tubuh tetap sehat.

1. Menambahkan minyak kelapa

Salah satu solusi bagi yang mengalami masalah dengan gula darah seperti diabetes namun masih tetap ingin mengonsumsi nasi, Sobat Agri bisa menambahkan minyak kelapa ke dalam olahan beras yang akan dimasak.

Peran dari minyak kelapa ini sendiri bisa menurunkan kadar gula darah sehingga mencegah kenaikan gula secara drastis. Caranya kamu bisa mencampurkan beras dan air seperti biasa, lalu tambahkan minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) sebanyak 3% dari berat beras yang digunakan.

2. Menambahkan Tepung Kelapa

Sama halnya dengan minyak kelapa, menambahkan tepung kelapa juga bisa membantu mengurangi kalori dan menurunkan gula darah. Pasalnya tepung kelapa ini diketahui tidak mengandung lemak jahat sehingga bisa lebih sehat.

Caranya yaitu dengan mencampurkan nasi dan air lalu tepung kelapa sekitar 25% dari berat nasi, sebelum akhirnya dimasak. Penambahan tepung kelapa ini dipercaya dapat mengurangi kadar glikemik nasi yang akan dikonsumsi.

Baca Juga: Tips dan Trik Kurangi Kadar Gula dalam Nasi agar Lebih Sehat Dikonsumsi
Pertama Kali Coba, Jason Derulo Makan Nasi Goreng Pakai Tangan

3. Mendinginkan nasi

Biasanya nasi yang disajikan dalam keadaan panas atau hangat setelah dimasak. Rasa nasi ini memang lebih enak, namun ternyata nasi yang batu matang mengandung gula lebih banyak.

Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi nasi, Sobat Agri harus mendinginkannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Apabila kamu tidak suka nasi dingin, kamu bisa mengakalinya dengan menuangkan makanan berkuah seperti sup, soto, atau rawon hangat agar bisa menikmatinya. Cara ini dianggap efektif loh menurunkan 10-50 persen kalori dari beras.