Bebas dari Lintah, Begini Tips Cuci Kangkung yang Benar

ilustrasi kangkung (Pxhere)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:45 WIB

Sariagri - Kangkung adalah salah satu sayuran yang kaya gizi. Kandungan di dalamnya sangat baik guna memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa waktu silam, sempat ada kabar mengenai lintah dan cacing yang terdapat di dalam kangkung. 

Pada dasarnya, ini bukan hal yang aneh sebab kangkung memang tanaman yang biasanya tumbuh di sawah dan di dalam air. Sehingga wajar jika ada serangga dan bakteri kecil yang masuk ke dalam batang kangkung yang berongga.

Hal ini tentu saja akan sangat mengerikan jika hewan-hewan tersebut masuk ke dalam perut kita. Namun Sobat Agri jangan khawatir, dibawah ini adalah cara membersihkan kangkung dengan benar. Yuk simak sama-sama.

Ini Tips membersihkan kangkung dari serangga dan lintah

1. Memetik daun dari batang

Petik daun kangkung dari batangnya satu per satu. Hal ini memang memakan waktu lama, namun dengan begitu akan membantu kita untuk mengamati kotoran yang menempel.

2. Membelah batang

Belah batang kangkung menjadi dua bagian. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk melihat apakah ada serangga seperti cacing, ulat, atau lintah yang bersarang di batangnya. Membelah batang menjadi dua juga akan membuat kangkung lebih cepat matang. Sehingga lebih efisien waktu dalam memasak.

Baca Juga: Bebas dari Lintah, Begini Tips Cuci Kangkung yang Benar
Wajib Tahu! Ini 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menyimpan Telur

3. Merendamkan dengan air garam

Merendam kangkung dengan air garam akan membuat hewan-hewan kecil seperti ulat, serangga atau lintah keluar dari dalam batang dan daun. Tentu cara ini memudahkan kamu dalam membersihkan kangkung.

4. Mencuci kangkung

Cuci kangkung dalam air yang mengalir. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran yang tersangkut di sela-sela daun dan batang, sehingga kangkung dalam keadaan bersih sebelum diolah.

Video Terkait