Yuk, Cegah Kematian Muda dengan Konsumsi Teh Hitam Setiap Hari

Ilustrasi teh hitam. (unsplash)

Editor: Dera - Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Menurut studi baru yang dilakukan oleh Dr. Maki Inoue-Choi dan tim dari US National Cancer Institute, minum dua cangkir atau lebih teh hitam sehari mengurangi risiko mati muda.  Di mana risiko kematian dini 9-13 persen lebih rendah, dibandingkan dengan yang bukan peminum teh.

Mengutip Study Finds, hasil penelitian itu muncul terlepas dari apakah peserta penelitian juga minum kopi, menambahkan susu atau gula ke teh, minum teh pada suhu yang berbeda, atau memiliki perbedaan gen yang memproses kafein. Untuk study ini, peneliti menggunakan data tentang kebiasaan minum teh dari setengah juta orang dewasa di Inggris.

Informasi tentang berapa banyak minuman yang mereka konsumsi setiap hari disimpan di UK Biobank, sebuah database yang berisi informasi kesehatan tentang peserta yang menyelesaikan kuesioner. Mereka mendaftar dan bersedia menjadi peserta penelitian antara 2006 dan 2010. Dari kelompok studi ini, 85 persen peserta secara teratur minum teh. Dari mereka, 89 persen dilaporkan minum teh hitam.

“Asupan teh yang tinggi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah di antara mereka yang minum 2 cangkir atau lebih per hari, terlepas dari variasi genetik dalam metabolisme kafein," kata penelitian tersebut.

"Temuan ini menunjukkan bahwa teh, bahkan pada tingkat asupan yang lebih tinggi dapat menjadi bagian dari diet sehat,” keterangan lain dari penelitian yang dibagikan pada jurnal Annals of Internal Medicine.

Manfaat Dahsyat Teh Hitam

Menurut Healthline, teh hitam kaya akan antioksidan yang dapat memberikan manfaat termasuk meningkatkan kesehatan jantung dan usus, menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah serta kadar gula darah.

Selain air, teh hitam adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis dan sering dicampur dengan tanaman lain untuk rasa yang berbeda, seperti pada minuman Earl Grey.

Baca Juga: Yuk, Cegah Kematian Muda dengan Konsumsi Teh Hitam Setiap Hari
Benarkah Minum Teh Bisa Tingkatkan Konsentrasi Sperma?

Rasa dari teh hitam lebih kuat dibandingkan teh biasa dan mengandung lebih banyak kafein. Namun kafeinnya masih lebih sedikit dibandingkan dengan kopi.

Teh hitam juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. 

 

Video Terkait