Bagi yang Doyan Buat Kue, Ini 5 Bahan Pengganti Mentega

Ilustrasi - Mentega. (Pexels)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 25 September 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Dalam pembuatan kue, mentega menjadi salah satu bahan yang wajib ada. Akan tetapi, ada banyak orang yang meragukan penggunaan mentega karena dinilai tinggi kalori dan lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Untuk menghindari penggunaan mentega dalam pembuatan kue, sebenarnya ada alternatif bahan yang bisa kamu gunakan. Lantas, apa saja pilihannya? Berikut 6 alternatif pengganti mentega untuk kue yang lebih sehat:

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa digunakan untuk menggantikan mentega. Selain kaya nutrisi, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menggantikan lemak jenuh pada mentega.

Agar menghasilkan tekstur kue yang lembut, gunakan perbandingan 1:1, atau 1 gram alpukat setara dengan 1 gram mentega. Pastikan juga untuk memilih buah alpukat yang benar-benar matang.

2. Greek yogurt

Apabila tidak memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa, Greek yogurt bisa menjadi salah satu pilihan untuk menggantikan mentega. Greek yogurt bisa sekaligus memberikan cita rasa manis pada kue tanpa memerlukan tambahan gula berlebih.

Untuk takarannya, 1 cangkir mentega untuk 1/2 cangkir greek yogurt. Hanya saja, disarankan memilih greek yogurt dengan kandungan lemak utuh. Hal tersebut agar kue yang dihasilkan lebih lembut, sehat, dan lezat.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun faktanya bisa digunakan sebagai pengganti mentega. Bahkan, penggunaan minyak zaitun jauh lebih baik ketimbang kamu menggunakan mentega. UKamu bisa menggunakannya sekitar 3/4 cangkir minyak zaitun bisa menggantikan 1 cangkir mentega.

Namun, penggunaan minyak zaitun kurang cocok untuk kue yang memakai banyak krim. Minyak zaitun hanya disarankan untuk kue mengandung buah atau kacang, maupun memiliki rasa yang gurih.

4. Saus apel

Tidak hanya lebih menyehatkan, saus apel juga bisa memberikan rasa manis alami pada kue yang dibuat. Ditambah lagi, kandungan serat pada saus apel dapat menghasilkan kue yang lezat dan sehat.

Baca Juga: Bagi yang Doyan Buat Kue, Ini 5 Bahan Pengganti Mentega
Bukan Ditekan, Peneliti Ungkap Cara Tahu Alpukat Sudah Matang atau Belum

Takaran penggunaannya juga tidak berbeda jauh dengan lainnya, yaitu 1 gram mentega setara dengan 1 gram saus apel.

5. Minyak kelapa

Pengganti mentega yang terakhir adalah minyak kelapa yang telah melalui proses pemurnian. Berbeda dengan minyak zaitun, minyak kelapa bisa digunakan di berbagai jenis kue. Rasio perbandingan minyak kelapa dengan mentega adalah 1:1.

Hanya saja, terkadang rasa kue yang dibuat menggunakan minyak kelapa sedikit berbeda, dibandingkan dengan kue yang dibuat menggunakan mentega. Tapi jangan khawatir, karena perubahan rasa tergantung dari banyaknya penggunaan minyak kelapa untuk membuat kue.

Video Terkait