Hati-hati! Ini Efek Samping Jika Konsumsi Bawang Putih Secara Berlebihan

Ilustrasi Bawang Putih (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 25 Agustus 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Bawang putih adalah salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Bumbu ini dimanfaatkan karena memberi cita rasa gurih dan aroma yang lezat. Selain itu bawang putih juga mengandung banyak manfaat.

Namun bukan berarti kita bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, meski menyehatkan, bawang putih juga bisa memberi dampak buruk bagi tubuh. Bahkan dampaknya ini bisa mengancam keselamatan jiwa loh!

Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Secara Berlebih

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut efek samping yang bisa ditimbulkan jika mengonsumsi bawang putih dalam jumlah berlebih.

1. Bau Mulut

Mengonsumsi bawang putih secara berlebih bisa menimbulkan bau mulut atau halitosis. Hal ini dikarenakan bawang mengandung senyawa sulfur dengan aroma kuat yang sangat khas. Dampak ini bisa semakin menjadi-jadi jika Sobat Agri mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

2. Memperburuk Infeksi Jamur di Vagina

Jika kamu sedang mengalami infeksi jamur di vagina, disarankan untuk menghindari mengonsumsi bawang putih secara berlebihan. Alasannya bawang putih dapat mengiritasi jaringan lunak vagina, terlebih ketika sedang mengalami infeksi jamur. Keluhan yang dirasakan pun bisa semakin parah.

3. Gatal dan Ruam Merah

Siapa yang menyangka, mengonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan munculnya sensasi gatal dan ruam-ruam merah. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif atau alergi. Bahkan bagi sebagian orang yang alergi bawang putih bisa mengalami efek samping ini meski hanya menyentuh atau menghirup aromanya.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Efek Samping Jika Konsumsi Bawang Putih Secara Berlebihan
Mengenal Bawang Hitam dan Manfaatnya bagi Kesehatan

4. Sakit Kepala

Jika kamu makan bawang putih berlebihan maka juga bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini terjadi sebab bawang putih disinyalir dapat menstimulasi saraf trigeminal, dengan melepaskan neuropeptida sehingga mencetuskan keluhan sakit kepala.

5. Meningkatkan Risiko Perdarahan

Bagi kamu yang baru saja dioperasi atau sedang dalam pengobatan dengan menggunakan obat antikoagulan, seperti warfarin, atau, sebaiknya hindari konsumsi bawang putih secara berlebihan. Mengonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak ternyata dapat meningkatkan risiko perdarahan jangka panjang.

Video Terkait