Anti Ribet! Begini Cara Membuat Sashimi yang Enak dan Gak Bau Amis

Ilustrasi Daging Ikan Salmon (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Sashimi adalah makanan khas Jepang yang sedang populer di Indonesia. Umumnya sajian ini berasal dari irisan daging ikan mentah bersama kecap asin Jepang, acar jahe dan wasabi.

Meski terdengar sangat mudah untuk dibuat, nyatanya diperlukan keahlian khusus untuk bisa membuat sashimi yang enak dan tidak bau amis. Pasalnya, pengolahan yang tidak tepat bisa membuat ikan mentah jadi terasa sangat amis saat dimakan.

Nah, buat kamu yang ingin membuatnya dirumah, berikut ini tips membuat sashimi tidak amis.

1. Mengelap permukaan daging ikan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengelap permukaan daging ikan. Hal ini agar menghindarkan daging ikan menjadi amis. Selain amis, ikan dalam kondisi basah juga mudah mengalami pembusukan.

Teknik untuk mengeringkan permukaan ikan untuk sashimi cukup mudah. Kamu bisa gunakan tisu dapur yang bersih dengan menekan-nekan permukaan daging ikan. Ulangi beberapa kali secara bolak-balik, agar seluruh permukaan ikan benar-benar kering merata.

2. Simpan ikan di kulkas

Setelah dikeringkan dengan tisu, masukkan daging ikan ke dalam wadah kedap udara. Lalu simpan di kulkas selama kurang lebih 2 sampai 3 jam. Langkah ini dilakukan untuk mengendapkan sisa-sisa air di dalam ikan, sehingga bisa lebih kering sempurna dan tidak amis.

3. Olah daging ikan dengan cepat

Usahakan lakukan proses pengolahan sashimi dengan cepat. Pastikan kalau proses pembersihan, pemotongan, hingga penyajiannya tidak lebih dari 15 menit. Cara ini dilakukan untuk menghindari ikan terpapar bakteri atau udara dari luar yang menyebabkan daging ikan menjadi amis saat disajikan.

4. Pastikan menggunakan alat yang higienis

Pastikan alat dapur yang digunakan untuk membuat sashimi dalam keadaan benar-benar bersih. Selain mencegah bau amis, tips ini juga menjadi cara meminimalisir adanya kuman dan parasit pada daging ikan.

5. Pengolahan di ruangan sejuk

Selama membuat sashimi perhatikan suhu ruangan yang sejuk atau dingin. Hindari mengolah sashimi di ruangan yang hangat, karena suhu ini bisa mempercepat perkembangbiakan bakteri pada daging ikan.

Baca Juga: Anti Ribet! Begini Cara Membuat Sashimi yang Enak dan Gak Bau Amis
Banyak Diburu hingga Langka, 5 Makanan Ini Mengandung Vitamin D Tinggi

Untuk itu, disarankan mengolah sashimi di dalam dapur yang sejuk. Nyalakan pendingin ruangan dalam posisi paling dingin untuk menjaga kesegaran sashimi.

6. Sajikan dalam keadaan dingin

Sajikannya sashimi di ruangan yang bersuhu dingin. Suhu dingin pada ikan akan menghilangkan bau amis. Karena itu, pengolahan yang cepat sangat disarankan saat menyajikan sashimi. Dengan tips satu ini juga akan membuat sashimi terasa lebih segar dan lezat.

Video Terkait