Masih Sering Salah! Ternyata Begini Loh Cara Menyimpan Madu yang Benar

Ilustrasi madu (Pexels)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 23 Agustus 2022 | 09:30 WIB

Madu merupakan hasil produk yang dihasilkan oleh hewan lebah pemakan nektar bunga. Sejak dahulu kala, madu sudah dipercaya sebagai makanan yang kaya nutrisi.

Diketahui di dalam madu terkandung senyawa natirum, kalium, zat besi, vitamin C, vitamin D, dan magnesium yang memiliki khasiat untuk menyehatkan tubuh. Tak heran masyarakat Indonesia banyak yang mengonsumsinya secara rutin.

Namun tampaknya, masih saja banyak yang salah dalam hal penyimpanannya. Padahal penyimpanan yang keliru, bisa merusak kualitas dari madu itu sendiri.

Cara menyimpan madu yang benar

Sariagri - 

Agar tidak keliru lagi ketika menyimpan madu, berikut ini adalah tips menyimpan madu yang benar, agar kualitasnya tetap terjaga.

1. Simpan di wadah kaca

Tahukah Sobat Agri, wadah untuk menyimpan madu adalah wadah yang terbuat dari kaca. Hindari menyimpan madu di dalam wadah yang terbuat dari logam. Alasannya, bahan logam bisa memicu reaksi kimia yang tidak diinginkan.

Selain itu pastikan juga wadah dapat ditutup rapat agar tidak ada celah untuk masuknya udara dari luar, yang bisa memengaruhi kualitas madu. Jika terlalu banyak terkena udara, maka kandungan air pada madu meningkat dan membuatnya menjadi lebih cair.

2. Jangan menyimpannya di kulkas

Banyak yang keliru dengan berpikir jika menyimpan madu di dalam kulkas adalah cara terbaik. Sebab faktanya menyimpan madu di dalam kulkas ternyata tidaklah tepat. Alasannya karena madu bersifat sangat sensitif dengan suhu udara.

Dengan disimpannya di tempat yang dingin dan lembab, justru dapat membuat komposisi yang ada di dalam madu menjadi rusak dan mengurangi khasiat di dalamnya.

3. Simpan madu di suhu ruang

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan madu? Jawabannya adalah dengan meletakkannya di dalam suhu ruang. Jangan khawatir jika madu dikerubungi semut, karena ini tidak menjadi persoalan.

Yang penting Sobat Agri telah menutupnya dengan rapat agar semut tidak masuk ke dalamnya. Apabila sudah telanjur memasukkan madu ke dalam kulkas, kamu bisa segera mengeluarkannya dan merendamnya di air hangat selama 15 menit.

4. Jauhkan madu dari sinar matahari

Meski tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas, dan harus disimpan disuhu ruang, pastikan agar madu tidak terkena sinar matahari. Pasalnya madu yang telah terpapar sinar matahari apalagi dalam jangka waktu lama, bisa menyebabkan kerusakan komposisi madu.

Salah satunya adalah senyawa antibakteri pada madu akan hilang dan membuat kualitas serta khasiat madu jadi menurun. Jika sudah begini maka rasa madu sudah tidak seenak pertama kali diminum.

5. Hindari terkena cairan lain

Ketika ingin mengonsumsi madu, pastikan kamu menggunakan sendok bersih yang kering tanpa tetesan air sama sekali. Kebersihan sendok saat mengambilnya guna menjaga kualitas madu tetap terjaga.

Alasannya adalah madu sangat mudah sekali terkontaminasi bahan lain sehingga bisa merusak komposisinya.

 

Video Terkait