Sederet Makanan yang Menjadi Sumber Vitamin K

Ilustrasi Daging ayam. (Pixabay/Manfred Richter)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Selasa, 23 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Menurut sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan, menyebutkan bahwa orang dewasa setidaknya harus mengonsumsi vitamin K sebanyak 55-65 mikrogram (mcg) untuk kebutuhan hariannya.

Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh. Namun sayangnya, masih banyak orang yang kerap mengabaikannya. Padahal, mengonsumsi sumber vitamin K sangat penting untuk membantu melancarkan proses pembekuan darah dalam tubuh.

Selain itu, vitamin K juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga fungsi kognitif, serta mengurangi resiko kanker. Demi kebutuhan vitamin K dapat terpenuhi, berikut ini sumber vitamin K alami yang mudah ditemukan di pasaran.

Daftar makanan sumber vitamin K

1. Daging ayam

Salah satu sumber vitamin K yang paling mudah didapatkan adalah daging ayam. Makanan yang juga mengandung protein hewani tinggi ini memiliki kandungan vitamin K hingga 60 mcg, atau setara dengan 92% kebutuhan harian. Nah, agar nutrisinya bisa lebih optimal, kamu bisa mengonsumsi bagian dada ayam.

2. Bayam

Bayam merupakan salah satu sumber vitamin K yang cukup umum kita temukan sehari-hari. Sayuran ini mengandung vitamin K, khususnya vitamin K1. Umumnya, dalam 100 gram bayam mentah, terdapat kandungan vitamin K sebanyak 483 mcg, atau setara dengan 402% kebutuhan harian.

3. Hati sapi

Hati sapi ternyata juga menjadi salah satu sumber vitamin K. Dalam 100 gram hati sapi terdapat 106 mcg vitamin K. Selain memenuhi kebutuhan vitamin K, mengonsumsi hati sapi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko anemia, menjaga kesehatan mata, dan mencegah penyakit alzheimer.

4. Kale

Kale merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia dan sering kali dimasak sebagai campuran salad. Ternyata, dalam 100 gram kale yang sudah dimasak terdapat 817 mcg vitamin K, atau setara dengan 681% kebutuhan harian orang dewasa.

Baca Juga: Sederet Makanan yang Menjadi Sumber Vitamin K
5 Jenis Sup Ini Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

5. Kacang-kacangan

Salah satu jenis kacang-kacangan yang punya kandungan vitamin K tinggi adalah kacang mete. Dalam 30 gram kacang mete terdapat 10 mcg vitamin K. Jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi 20% dari kebutuhan harian orang dewasa.

Selain kacang mete, Mama Papa juga dapat mengonsumsi kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah. Dalam 4 bonggol brokoli matang terdapat vitamin K sebanyak 141 mcg, atau setara dengan 118% kebutuhan vitamin K harian.

Video Terkait