Intip Resep Salad Enak, Dijamin Kamu Pasti Suka

Ilustrasi salad. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 23 Agustus 2022 | 03:00 WIB

Sariagri - Siapa bilang salad buah seperti potongan-potongan buah yang berada di dalam mangkuk saja. Salad memiliki rasa yang segar dengan beberapa varian, terlebih jika dinikmatinya pada saat siang hari. Beberapa trik sederhana akan mengubah salad lebih enak dan menarik lagi.

Memperhatikan tingkat kematangan buah juga salah satu kunci untuk mendapatkan rasa yang terbaik. Berikut beberapa trik membuat salad buah yang perlu kamu ketahui.

1. Buah Musiman

Buah musiman hanya didapatkan pada saat panen saja. Namun, hal inilah yang membuat rasa dan tekstur salad buah akan terasa lebih unik. Kamu bisa menambahkan belimbing di Juli-Agustus, mangga di Juli-Desember ataupun jambu di Juli-September.

2. Tingkat Kematangan Buah

Akan kurang nikmat rasanya ketika beberapa gigitan mempunyai tingkat kematangan buah yang berbeda. Secara tekstur, rasa buah akan lebih terasa nikmat jika semua potongannya lunak dan tidak begitu terlalu matang. Tetapi, perlu juga menghindari buah yang terlalu matang karena dapat mudah hancur.

3. Buang Batang, Biji dan Kulit

Dengan buah stroberi, buang semua batang, biji dan kulit saat mencampurkannya dengan buah lain. Hal ini akan terlihat lebih bersih saat disajikan. Pastikan jika sudah membuang komponen tersebut mencucinya di air bersih yang mengalir untuk membuang bakteri-bakteri jahat di permukaan.

4. Potong Dadu atau Irisan yang Sama

Tidak hanya memiliki visual yang sama, memotong buah dengan irisan yang sama membuat salad lebih mudah untuk memakannya. Pilihlah satu dimensi ukuran atau irisan yang menurutmu pas dengan jenis buah-buahan yang kamu siapkan.

5. Memiliki Berbagai Warna dan Tekstur

Kamu dapat mencampurkan buah dengan warna mencolok seperti hijau, oranye, merah dan ungu untuk membedakan setiap buah pada salad. Selain warna yang bervariasi, tekstur yang berbeda juga dapat membuat penikmatnya ketagihan pada saat memakannya.

Baca Juga: Intip Resep Salad Enak, Dijamin Kamu Pasti Suka
Daftar 15 Buah dan Sayur Sehat yang Rendah Residu Pestisida

6. Tambahkan Jeruk

Untuk lebih memperkuat rasa pada salad buah, kamu bisa menambahkan jus jeruk atau jus lemon. Jus jeruk mencegah buah berubah warna menjadi coklat dan juga berfungsi menjadi garam untuk buah, serta meningkatkan cita rasa buah. Untuk memperkuat rasa jeruk, kamu bisa memberi parutan kulit jeruk di atasnya.

7. Tambahkan Daun Mint

Sebenarnya fungsi lain dari daun mint bukan hanya untuk hiasan saja, tetapi juga bisa menjadi bumbu yang khas. Fungsinya juga menambahkan rasa segar di salad buah.

Video Terkait