Mengenal Sagu, Makanan Pokok Orang Timur yang Kaya Gizi dan Banyak Manfaat

Ilustrasi tepung sagu (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Sagu adalah salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia di bagian timur. Bukan nasi, orang Papua dan Maluku sehari-harinya justru mengonsumsi sagu. Sagu sendiri diperoleh dari pengolahan batang pohon jenis palem tropis atau Metroxylon sagu.

Namun tahukah Sobat Agri, selain dimanfaatkan sebagai makanan pokok, sagu juga bisa digunakan untuk bahan pangan sebagai bahan pengental, penebal, hingga penambah tekstur pada aneka kue dan makanan ringan, seperti kue bola-bola, pasta, atau kue panekuk. Bahkan sagu sendiri juga memiliki manfaat lain untuk dunia industri.

Kandungan dan manfaat sagu

Diketahui dalam 100 gram sagu kering, terdapat 94 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10 mg kalsium, 1,2 mg zat besi, 355 kalori dan kandungan lainnya seperti vitamin, mineral, lemak, karoten, dan asam askorbat, meski dalam jumlah yang sedikit. Semua kandungan ini memberi banyak manfaat, seperti:

1. Bahan pembuatan glukosa

Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa tepung sagu di Malaysia dijadikan sebagai bahan dasar untuk memproduksi glukosa. Hal ini dikarenakan lebih dari 90 persen dari sagu adalah karbohidrat, maka hal tersebut sangat mungkin bisa dilakukan.

2. Memberikan energi untuk aktivitas fisik

Masih dalam penelitian yang sama mengungkapkan, bahwa kombinasi sagu dan protein dari kedelai bermanfaat untuk memperkuat stamina tubuh ketika melakukan aktivitas fisik. Kombinasi dari sagu dan protein kedelai juga bisa menunda munculnya rasa lelah pada orang yang melakukan kegiatan olahraga dengan intensitas yang tinggi.

Baca Juga: Mengenal Sagu, Makanan Pokok Orang Timur yang Kaya Gizi dan Banyak Manfaat
Segudang Manfaat Sagu, yang Jarang Diketahui

3. Bahan pakan ternak

Selain digunakan sebagai bahan makanan pokok, sagu juga bisa dijadikan sebagai pakan ternak. Nutrisi yang terkandung dalam sagu memiliki peranan penting dalam pertumbuhan hewan ternak. Apalagi sagu sendiri adalah salah satu bahan yang mudah didapat dan sangat murah.

4. Pembuatan tekstil

Peranan penting lain dari sagu dapat dilihat dari sektor industri tekstil. Dalam hal ini sagu biasanya dimanfaatkan sebagai pengikat serat, sehingga membuat mesin lebih mudah melakukan pemintalan. Tak hanya itu, saat ini sagu juga sudah digunakan sebagai bahan pembuat plastik ramah lingkungan (biodegradable).

Video Terkait