Omega-3 pada Salmon dan Suplemen Baik untuk Penderita Darah Tinggi

Ilustrasi salmon. (Pixabay)

Editor: Putri - Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Kita semua mengetahui bahwa omega-3 memberikan banyak manfaat kesehatan. Studi baru menunjukkan konsumsi tiga gram omega-3 per hari menurunkan tekanan darah. Temuan tersebut termasuk omega-3 yang diperoleh dari makanan atau suplemen makanan.

“Menurut penelitian kami, rata-rata orang dewasa mungkin mengalami sedikit penurunan tekanan darah karena mengonsumsi sekitar tiga gram asam lemak ini setiap hari,” kata Xinzhi Li, MD, PhD, asisten profesor dan direktur program School of Pharmacy di Macau University. 

Mengutip Study Finds, Rabu (17/8/2022), asam lemak omega-3 adalah nutrisi berlimpah dalam ikan berlemak seperti sarden dan salmon. Suplemen minyak ikan rata-rata membawa rata-rata 300 mg omega-3 per pil. Salmon Atlantik seberat empat hingga lima ons mengandung sekitar tiga gram asam lemak omega-3.

National Institutes of Health merekomendasikan 1,1 hingga 1,6 gram asam lemak omega-3 setiap hari. American Heart Association menyarankan untuk mendapatkan asupan omega-3 dengan mengonsumsi dua porsi tiga hingga empat ons ikan matang per minggu.

Apa Manfaat Satu Porsi Salmon untuk Penderita Hipertensi?

Penelitian berlangsung di seluruh dunia dari 1987 hingga 2020. Hasilnya mencakup informasi kesehatan dari hampir 5.000 orang berusia antara 22 hingga 86 tahun. Orang-orang dalam uji coba mengonsumsi jumlah omega-3 yang direkomendasikan melalui makanan atau suplemen selama sekitar 10 minggu.

Tekanan darah tinggi lebih rendah pada orang yang makan antara dua dan tiga gram kombinasi asam lemak DHA dan EPA setiap hari dibandingkan orang dewasa yang tidak mengonsumsinya. 

Baca Juga: Omega-3 pada Salmon dan Suplemen Baik untuk Penderita Darah Tinggi
Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pergantian Tahun, Ini Kata Pakar

Selain itu, makan lebih dari tiga gram omega-3 membuat perbedaan besar pada orang dewasa dengan tekanan darah tinggi atau lipid darah tinggi. Dengan tiga gram omega-3 setiap hari, tekanan darah rata-rata pada penderita hipertensi menurun sekitar 4,5 mm/Hg. Mereka yang tidak memiliki tekanan darah tinggi mengalami penurunan tekanan darah sebesar 2,0 mm/Hg.

Makan lima gram omega-3 menurunkan tekanan darah hampir 4,0 mm/Hg untuk penderita hipertensi. Mereka yang tidak memiliki tekanan darah tinggi yang makan lima gram omega-3 setiap hari mengalami penurunan rata-rata kurang dari 1,0 mm/Hg.

Video Terkait