Sering Makan Daun Singkong? Ini 4 Manfaat yang Akan Terjadi pada Tubuh

Ilustrasi Daun Singkong (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Rabu, 17 Agustus 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Siapa nih yang suka dengan daun singkong? Umumnya, daun singkong sering sekali kita temukan di rumah makan padang. Walau hanya sebagai hidangan pelengkap, daun singkong justru merupakan makanan yang bisa berikan banyak manfaat pada tubuh, lho.

Agar teman-teman tidak ragu untuk mengonsumsi daun singkong dalam berbagai olahan termasuk pelengkap makanan padang, yuk simak ulasan manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh. 

Berikut 4 manfaat daun singkong bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Daun singkong memiliki kandungan beta karoten yang berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini diketahui dari sebuah penelitian yang menemukan senyawa antioksidan beta-karoten pada daun singkong. Seperti banyak diketahui, senyawa ini bisa memberikan dampak baik pada kesehatan otak.

2. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pada daun singkong, ada juga kandungan vitamin C serta folat yang cukup tinggi. Dua kandungan tersebut akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga bisa melawan bakteri serta virus yang menyerang.

Bahkan kandungan tersebut juga bisa memberantas radikal bebas yang ada dalam tubuh, sehingga terhindar dari risiko kanker.

3. Memenuhi Kebutuhan Protein

Daun singkong ternyata dapat memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Kebutuhan protein tubuh bisa dipenuhi bukan hanya dengan menggunakan makanan dari hewani, tapi juga nabati seperti daun singkong.

Baca Juga: Sering Makan Daun Singkong? Ini 4 Manfaat yang Akan Terjadi pada Tubuh
Hati-hati, 3 Makanan Lezat Ini Ternyata Bisa Picu Jerawat

Pada daun singkong terdapat kandungan asam amino esensial pada protein yang jumlahnya cukup banyak. Jumlah kandungan tersebut pun dinilai setara dengan kandungan pada telur ayam.

4. Mengatasi Radang Sendi

Mengonsumsi daun singkong juga bisa mendapatkan kandungan mineral magnesium yang cukup tinggi. Kandungan tersebut akan membantu mengembangkan dan memadatkan tulang hingga atasi masalah radang sendi. Bahkan kandungan pada makanan ini akan membantu mengurangi risiko patah tulang.

Video Terkait