Sempat Nekat Tak Makan 36 Jam, Marshanda Ingatkan Bahaya Puasa Ekstrem

Artis Andriani Marshanda (Instagram)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Selasa, 16 Agustus 2022 | 20:45 WIB

Sariagri - Artis cantik Andriani Marshanda atau biasa dikenal Marshanda belum lama ini kembali menjadi pusat perbincangan warganet di media sosial. Marshanda kembali jadi sorotan terkait perjuangannya melawan tumor payudara yang dideritanya sejak Mei 2022 lalu.

Marshanda tetap berjuang untuk menyembuhkan tumor demi kesembuhannya dirinya. Salah satunya dengan cara berpuasa ekstrem. Hal ini ia ungkap melalui unggahan akun Youtube Melaney Ricardo pada 12 Agustus 2022 lalu.

Pada unggahan itu, awalnya Marshanda menjalani sederet pengobatan untuk penyakit yang dideritanya. Ia juga bercerita bahwa dirinya baru saja berhasil menurunkan dosis obat bipolarnya.

"Kesehatanku lagi baik (saat itu), cuma aku terlalu agresif. Healing detoksnya itu bener-bener agresif, dan berhasil. Terus nurunin dosis juga, jalan, dan berhasil si obat bipolar," katanya.

Namun, Marshanda mengakui kesalahannya saat itu karena menurunkan dosis bersamaan dengan puasa 12 jam dan lanjut 36 jam. Ia bahkan menjalani puasa selama 12 jam hanya dengan minum air saja. Setelahnya ia melanjutkan puasa lagi selama 36 jam tanpa makan dan minum.

"Tapi selama waktu itu, aku hadapi masalah dengan personal life yang dalam banget. Itu aku drop, salahnya aku puasa. Kak Melaney tahu puasa 12 jam hanya minum air putih? Water fasting. Dan lanjut lagi, langsung enggak pakai koma, lanjut 36 jam. Gak minum air dan tidak makan," ucapnya.

Marshanda bercerita masih bisa beraktivitas dengan normal hingga menjalani syuting selama berpuasa 36 jam. Kendati demikian, Marshanda pun tetap mengonsumsi obat bipolarnya meski tidak minum dan makan selama 36 jam.

Baca Juga: Sempat Nekat Tak Makan 36 Jam, Marshanda Ingatkan Bahaya Puasa Ekstrem
Catat! Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Percepat Penyembuhan Sakit Cacar Air

"Langsung 36 jam gak minum gak makan, tapi aku tetep minum obat buat bipolar. Dan itu tujuannya untuk healing tumor di payudara aku sebenernya," jelasnya.

Meski kondisi tubuhnya jauh lebih baik, Marshanda menjelaskan bahwa proses yang ia jalani cukup ekstrem. "Sebenarnya itu bahaya dan gak semua orang bisa coba itu," pungkasnya.

Video Terkait