BRIN Fokus Ciptakan Inovasi Dukung Kedaulatan Pangan dan Energi

Petani padi di Lebak, Banten genjot produksi pangan. (Antara)

Editor: Yoyok - Selasa, 16 Agustus 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) fokus menciptakan berbagai inovasi dari kegiatan riset hingga 2024 untuk mendukung kedaulatan pangan dan energi.

Hal itu disampaikan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko di Jakarta, Selasa (16/8).

Menurut Tri, krisis akibat pandemi dua tahun terakhir yang diikuti gejolak harga komoditas akibat perang Rusia Ukraina mengajarkan hal yang fundamental untuk Indonesia, yaitu pentingnya kedaulatan pangan termasuk kesehatan dan energi. “Kondisi ini mengisahkan keyakinan kita akan pentingnya kemandirian????," katanya.

Sebagaimana Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, yang mengatakan bahwa krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih, perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit, dan terjadi perang di Ukraina.

Lebih lanjut, Handoko menekankan pentingnya peningkatan nilai tambah dari kekayaan bahan alam lokal untuk mendukung kedaulatan pangan dan energi, sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian bangsa.

Produk-produk berbasis sumber daya alam lokal seharusnya tidak lagi dijual dalam bentuk bahan mentah, melainkan ada peningkatan nilai tambah dan menjadi produk berkualitas tinggi yang meningkatkan daya saing bangsa.

Melalui pengolahan, pengembangan dan pemanfaatan kekayaan bahan lokal dengan menggunakan hasil inovasi dan teknologi, tidak hanya kebutuhan dalam negeri yang dapat terpenuhi nantinya, tapi juga dapat mendukung kegiatan ekspor.

"Pemerintah dan BRIN menyadari pentingnya peningkatan nilai tambah dari kekayaan bahan alam lokal. Ini penting, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga memanfaatkan peluang global di tengah krisis yang melanda. Karena krisis tidak hanya menimbulkan bencana, tetapi juga memunculkan peluang baru," ujar Handoko.

Baca Juga: BRIN Fokus Ciptakan Inovasi Dukung Kedaulatan Pangan dan Energi
Jelang Iduladha dan PPKM, Moeldoko: Ketersediaan Pangan Tak Ada Persoalan

Handoko mengatakan nilai tambah signifikan hanya bisa diperoleh melalui pengembangan berbagai produk berbasis riset. Oleh karena itu, BRIN untuk jangka pendek sampai 2024 fokus pada penciptaan berbagai inovasi dari riset guna mendukung kedaulatan pangan dan energi.

Para periset dalam negeri diarahkan untuk meningkatkan kegiatan riset dan inovasi dalam mendukung kedaulatan pangan dan energi dan mencegah krisis pangan dan energi di Indonesia.

Video Terkait