Ini Dampak Kesehatan jika Makan Rumput Laut Setiap Hari

Ilustrasi Sushi (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 16 Agustus 2022 | 05:00 WIB

Sariagri - Rumput laut merupakan salah satu jenis super food yang dikemas dengan nutrisi yang bagus untuk tubuh, seperti yodium dan tirosin. Kelenjar tiroid manusia menggunakan yodium untuk membuat hormon.

Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup yodium, tubuh mungkin akan mengalami gejala berupa perubahan berat badan, kelelahan, atau pembengkakan leher. Meskipun menyehatkan, rümput laut sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari, karena dapat menyebabkan beberapa dampak kesehatan.

Rumput Laut Baik untuk Tubuh, tapi Tidak untuk Dikonsumsi Tiap Hari

Meskipun yodium baik untuk kesehatan, mengonsumsinya secara berlebihan tidak disarankan. Meskipun kasus terlalu banyak yodium jarang terjadi, mengonsumsi rumput laut dalam jumlah besar setiap hari pasti dapat menyebabkan ketidakseimbangan ini. 

Terlebih lagi, ada beberapa rumput laut yang mengandung banyak potasium, yang dapat menyebabkan lebih banyak masalah. Mengonsumsi terlalu banyak potasium dapat menyebabkan gejala seperti mual dan lemas, terutama jika kamu memiliki masalah ginjal. Menghilangkan kalium ekstra adalah salah satu fungsi ginjal, namun ginjal tidak akan dapat melakukan pekerjaan tersebut jika stres oleh peningkatan asupan kalium secara tiba-tiba.

Jangan Konsumsi Sushi Setiap Hari

Untuk kamu yang suka makan sushi beberapa kali seminggu, bahkan setiap hari, kamu akan senang mengetahui bahwa ikan mentah memiliki kandungan minyak ikan Omega-3 yang penting bagi tubuh untuk berbagai manfaat kesehatannya. Kandungan tersebut dapat mengurangi kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, serta mengurangi tekanan darah, trigliserida, dan membantu menjaga irama jantung.

Selain itu, ikan juga merupakan makanan yang sempurna untuk dipilih setelah berolahraga. Sebab, ikan mengandung protein yang dapat membantu mendukung penyembuhan dan pemulihan. Namun, mengonsumsi sushi setiap hari tidak baik karena sushi dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan tersembunyi.

Baca Juga: Ini Dampak Kesehatan jika Makan Rumput Laut Setiap Hari
Baikkah Diet Bebas Gluten? Ini Penjelasannya

Meskipun ikan mentah lezat, itu menyimpan beberapa risiko buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi sushi setiap hari dapat menyebabkan seseorang berurusan dengan hama tak diundang yang akhirnya menyebabkan perlunya mendatangi rumah sakit untuk mencari perawatan medis.

Makan sushi tiap hari juga dapat memicu peningkatan masalah kesehatan Diphyllobothriasis (atau infeksi cacing pita ikan). Gejala yang disebabkan meliputi diare, kelelahan, kram perut, kelemahan, dan penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

 

Video Terkait