Tepung Kulit Pisang Bisa Jadi Alternatif Terigu dan Lebih Bergizi

Ilustrasi Kulit Pisang (Unsplash)

Penulis: Putri, Editor: Dera - Selasa, 16 Agustus 2022 | 08:30 WIB

Sariagri - Apakah Sobat Agri ingin membuat kue kering manis namun tetap bergizi? Nah, studi baru menyarankan untuk menambahkan tepung kulit pisang ke dalam resep kue. Para peneliti menemukan bahwa menggunakan tepung kulit pisang dalam adonan kue akan menciptakan kue lebih banyak nutrisi dengan rasanya yang tetap manis. 

Mengutip Study Finds, dalam beberapa tahun terakhir, kulit pisang telah berubah dari sampah menjadi sesuatu yang bergizi, dengan menggunakannya sebagai alternatif makanan. Kulitnya yang sangat berserat membuatnya sulit untuk dimakan mentah. Namun, ketika digiling menjadi tepung, kulitnya mengandung banyak serat, magnesium, potasium, dan senyawa antioksidan.

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa mengganti tepung terigu biasa dengan tepung kulit pisang dalam roti dan kue, menciptakan makanan yang lebih bergizi dan rasa yang dapat diterima. Namun, hingga saat ini, penelitian tentang kue kering kulit pisang masih sedikit. Dalam studi baru, tim peneliti membuktikan bahwa kue dari tepung kulit pisang memiliki gizi berkualitas dan memberikan rasa kue manis. 

Bagaimana cara membuat tepung kulit pisang?

Para ilmuwan pertama kali mengupas pisang yang matang dan tidak busuk. Kulit pisang itu kemudian direbus, dikeringkan, dan digiling menjadi bubuk halus. Dalam resep kuenya, tim ilmuwan mencampurkan tepung kulit pisang dengan mentega, susu bubuk skim, gula, minyak sayur, dan tepung terigu untuk menciptakan lima jenis kue yang berbeda.

Jumlah tepung kulit pisang berkisar antara 0 sampai 15 persen. Hasilnya menunjukkan bahwa menambahkan lebih banyak tepung kulit pisang menghasilkan kue yang lebih coklat dan lebih keras. Para peneliti mengatakan ini mungkin karena tingginya kadar serat dalam kulit pisang.

Tim panel pencicip menemukan bahwa kue dengan 7,5 persen tepung kulit pisang memiliki rasa dan tekstur terbaik dari semua pilihan yang berbeda.

Baca Juga: Tepung Kulit Pisang Bisa Jadi Alternatif Terigu dan Lebih Bergizi
Suka Makan Papeda? Harus Tahu 9 Fakta di Balik Bubur Sagu Khas dari Timur



Adapun hal positifnya, penulis penelitian menemukan bahwa tepung kulit pisang menciptakan kue yang memiliki lebih sedikit lemak dan protein. Kue dengan tepung kulit pisang juga mengandung lebih banyak fenol dan aktivitas antioksidan yang lebih baik daripada kue biasa.

Kue yang dimasak dengan cara dipanggang ini juga memiliki umur simpan tiga bulan pada suhu kamar. Rasanya sama seperti kue gandum setelah disimpan lama. Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal ACS Food Science and Technology.

Video Terkait