Dear Ibu-Ibu! Begini Lho Cara Memasak Bawang Goreng yang Renyah dan Nikmat

Ilustrasi sajian dengan bawang goreng. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Bawang goreng merupakan topping makanan yang selalu ada di meja makan. Topping yang satu ini memang seringkali menambah nafsu makan.

Tekstur bawang goreng yang nikmat biasanya renyah dan tidak cepat melempem. Perlu diketahui, bawang goreng sebenarnya terbuat dari bawang merah yang diiris lalu digoreng.

Untuk membuat bawang goreng terbilang susah-susah gampang. Memang benar, cara instan yang biasa dilakukan adalah dengan membelinya. Namun, jika ingin mencoba dan berkreasi, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan membuat sendiri tentu bisa jadi jalan menghemat biaya dan terjaga kebersihannya.

2 cara membuat bawang goreng renyah:

Pada dasarnya, untuk membuat bawang goreng bisa menggunakan 2 cara, yaitu dengan atau tanpa menggunakan tepung. Lantas bagaimana cara membuatnya, yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Dengan tepung

Cara membuat bawang goreng renyah dan tahan lama biasanya menggunakan tepung seperti tepung maizena atau tepung beras. Bahan yang dibutuhkan adalah 500 gram bawang merah, dua sendok makan tepung beras atau maizena, garam secukupnya dan minyak goreng.

Pertama-tama, irislah bawang merah lalu cuci dengan air mengalir. Setelah itu, berikan taburan garam pada bawang merah dan remas-remas supaya meresap. Kemudian, taburkan tepung, aduk hingga merata. Gorenglah bawang tersebut ke dalam minyak panas dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan. Namun jangan sampai gosong loh.

Baca Juga: Dear Ibu-Ibu! Begini Lho Cara Memasak Bawang Goreng yang Renyah dan Nikmat
5 Tips Menyimpan Bawang Merah agar Tidak Cepat Busuk

2. Tanpa tepung

Cara membuat bawang goreng renyah juga bisa dilakukan tanpa tepung. Caranya, irislah bawang merah lalu cuci dengan air mengalir. Setelah itu, keringkan dengan tisu dapur lalu berikan garam.

Panaskan minyak, lalu gorenglah bawang dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan. Tiriksan bawang tersebut dari minyak yang masih menempel, tunggu dingin, bawang goreng pun siap dinikmati.

Video Terkait