Hati-hati, 3 Makanan Lezat Ini Ternyata Bisa Picu Jerawat

Ilustrasi cokelat (unsplash)

Editor: Dera - Senin, 15 Agustus 2022 | 06:30 WIB

Sariagri - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit umum yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti produksi sebum dan keratin, bakteri penyebab jerawat, hormon, serte pori-pori tersumbat dan peradangan. 

Untuk mencegahnya, kamu bisa memperhatikan makanan yang dikonsumsi, pasalnya makanan memainkan peran penting dalam perkembangan jerawat.

Berikut 3 makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

1. Makanan Kaya Lemak Omega-6

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar, seperti biji bunga matahari, telur, dan minyak alpukat berkaitan dengan peningkatan tingkat peradangan dan jerawat. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti kale dan ikan salmon, diketahui lebih baik untuk meredakan jerawat.

Ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3 mendorong tubuh ke dalam keadaan inflamasi, yang dapat memperburuk keparahan jerawat. Sedangkan suplemen dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi tingkat peradangan dan telah terbukti mengurangi keparahan jerawat.

2. Cokelat

Cokelat umum dianggap sebagai pemicu jerawat, meskipun belum ada cukup bukti bahwa makanan favorit banyak orang ini menyebabkan jerawat. Namun, seseorang yang rentan terhadap jerawat data mengalami peningkatan jumlah lesi jerawat apabila mengonsumsi cokelat hitam setiap hari.

Mengonsumsi cokelat setiap hari juga memicu seseorang untuk memiliki lebih banyak lesi jerawat secara signifikan. Belum diketahui dengan jelas mengapa cokelat dapat meningkatkan jerawat. Namun, makan cokelat diketahui data meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat.

3. Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Munculnya jerawat sangat berkaitan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Sejumlah fast food seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake, merupakan sejumlah makanan yang dapat meningkatkan risiko jerawat.

Baca Juga: Hati-hati, 3 Makanan Lezat Ini Ternyata Bisa Picu Jerawat
Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Kerontokan Rambut

Mengonsumsi makanan tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko 43% terkena jerawat. Mengonsumsi fast food secara teratur meningkatkan risiko sebesar 17%. Sering makan burger atau sosis pun dikaitkan dengan 24% peningkatan risiko terkena jerawat.

Meskipun alasan mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat belum diketahui secara pasti, tapi diketahui fast food dapat memengaruhi ekspresi gen dan mengubah kadar hormon dengan cara yang mendorong perkembangan jerawat. 

 

Video Terkait