Tips Mengurangi Porsi Makan, Jadi Tak Perlu Takut Kelaparan

Ilustrasi diet (Foto:Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Menjaga berat badan agar tetap stabil diperlukan sebuah usaha, salah satunya mengurangi porsi asupan makanan. Berat badan yang stabil, begitu erat kaitannya dengan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Maklum saja, kelebihan berat badan, begitu dekat dengan banyak penyakit akut. Sebut saja mulai dari diabetes, jantung, darah tinggi, dan sebagainya.

Lantas dalam mengurangi porsi makan sebetulnya kamu tak perlu takut merasa kelaparan. Dengan trik yang tepat, kita bisa mengurangi porsi makan tanpa takut kelaparan.

Berikut Ini Tips Mengurangi Porsi Makan, Jadi Tak Perlu Takut Kelaparan


1. Makan protein

Banyak penelitian membuktikan bahwa makanan sumber protein bisa meningkatkan rasa kenyang lebih besar, dibandingkan jika mengonsumsi makanan sumber karbohidrat atau lemak. Apabila perut terasa lebih kenyang, otomatis porsi yang dimakan juga tidak akan banyak kan.

2. Utamakan Minum Sebelum Makan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum air mineral sekitar dua gelas (500 ml) sebelum sarapan bisa makan 13 persen lebih sedikit jika dibandingkan orang-orang yang tidak minum sebelum makan. Air mineral dapat memuaskan dahaga sebelum makan, tanpa meningkatkan asupan kalori.


3. Makan Gunakan Piring dan Garpu yang Lebih Kecil

Siapa sangka ternyata, ukuran piring yang dipakai saat makan dapat memengaruhi porsi makan yang kita ambil. Dalam satu penelitian, orang cenderung mengisi piring makannya dengan makanan sekitar 70 persen, terlepas dari ukuran piring yang digunakan.

Baca Juga: Tips Mengurangi Porsi Makan, Jadi Tak Perlu Takut Kelaparan
Jadi Favorit Banyak Orang, Awas! Daging Ayam Bisa Jadi Penyebar Wabah Penyakit

Praktis, jika menggunakan piring lebih kecil, secara tidak sadar mungkin porsi makan juga jadi ikut berkurang.

4. Terapkan Mindful Eating

Setiap kali mau makan terapkan mindful eating. Makanlah dengan perhatian penuh dan jauhi gangguan, seperti bermain ponsel, menonton televisi, dan komputer ketika sedang makan.

Dengan menerapkan mindful eating, cara ini membantu tubuh dapat merespon sinyal kelaparan dan kekenyangan. Sehingga, kita akan lebih mampu merasakan kapan harus berhenti makan saat merasa perut sudah kenyang.

Video Terkait