Mengenal Kaldu Jamur, Penyedap Rasa yang Dianggap Aman dan Menyehatkan

Ilustrasi kaldu jamur (Foto: Wikimedia)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Beberapa tahun belakangan ini, nama kaldu jamur seakan naik daun. Ya, penguat rasa atau micin atau MSG ini, mulai banyak digunakan untuk menambah rasa dan menyedapkan setiap menu masakan. Bahkan banyak yang mengklaim, bahwa olahan jamur ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Apa Itu Kaldu Jamur?

Kaldu jamur atau nutritional yeast adalah produk campuran, seperti bubuk dengan bulir-bulir kasar. Produk ini dianggap bisa menggantikan MSG dengan rasa gurih yang dimilikinya.

Pada dasarnya kaldu jamur merupakan hasil ekstrak ragi jamur Saccharamyces cerevisiae selama beberapa hari di media kaya akan gula.

Kemudian, cara pembuatan nutritional yeast ini dipanaskan, dipanen, dicuci, dikeringkan, dihancurkan, lalu dikemas. Biasanya jenis kaldu ini digunakan per hari sebanyak 1-2 sendok makan.

Ada banyak kandungan yang terdapat kaldu jamur, seperti 9 jenis asam amino esensial, vitmin B, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, zinc, selenium, dan mangan. Semuanya itu tentu saja berperan baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat kaldu jamur yang wajib diketahui

1. Memenuhi zat besi harian

Kaldu jamur mengandungan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, ketika dikonsumsi setiap hari, makq kebutuhan zat gizi akan tercukupi. Selain itu, di dalamnya juga terkandung nutrisi yanh bermanfaat jadi sumber energi untuk kebutuhan tubuh.

2. Menstabilkan Gula Darah

Kaldu jamur mengandung rendah glisemik yang baik untuk tubuh. Kandungan ini pula yang mampu mengatur kadar gula, sehingga membuat kita tetap berenergi dan mencegah risiko penyakit metabolisme tubuh.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kaldu jamur juga dikenal kaya akan anti oksidan, seperti glutathione dan selenomethioine, yang mampu melawan dari kerusakan-kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu kaldu ini juga dapat memberikan pertahanan diri terhadap terjadinya penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: Mengenal Kaldu Jamur, Penyedap Rasa yang Dianggap Aman dan Menyehatkan
Manfaat Jamur Merang, Makanan Kaya Protein yang Mampu Mendegradasi Limbah

4. Menurunkan Kolesterol

Diketahui kaldu jamur juga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini berkat kandungan beta-glukan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Umumnya kandungan beta-glukan ini dapat ditemui dalam biji-bijian, seperti gandum dan barley. Namun lewat kaldu ini jamu bisa mudah mendapatkannya.

5. Sumber serat padar

Tahukah kamu, dalam satu porsi kemasan kaldu jamur mengandung 4 gram serat yang sangat baik untuk pencernaan. Selain melancarkan pencernaan, serat padat ini juga membantu kamu jadi cepat merasa lebih kenyang.

Video Terkait