Ini Tips Buat yang Tertarik Buka Usaha Frozen Food

Ilustrasi Frozen Food (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Dengan modal yang seadanya, banyak orang yang mulai membuka binis kecil-kecilan. Salah satu bisnis yang kini banyak diincar adalah bisnis frozen food atau makanan beku. Selain banyak dibutuhkan, faktor lain berbisnis frozen food ialah bisa disimpan lebih lama di dalam kulkas.

Tidak ada kata terlambat untuk yang ingin memulai bisnis frozen food. Agar jualan frozen food laris manis dan mendapatkan cuan lebih banyak, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menjalankan bisnis frozen food.

Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Tentukan Jenis Frozen Food yang Ingin Dijual

Sebelum kamu berjualan frozen food, sebaiknya tentukan jenis frozen food yang akan dijual. Tujuannya, agar kamu bisa lebih fokus berjualan dan mengembangkan bisnis frozen food yang dijalankan.

2. Pilih Produsen Terpercaya

Ada baiknya kamu jangan sembarang membeli frozen food di produsen sembarangan, karena bisa merugikan. Belilah frozen food di produsen yang telah terpercaya.

Selain menyediakan berbagai macam frozen food dengan brand terkenal, produsen yang terpercaya pastinya menyediakan frozen food dengan kualitas terbaik yang sudah tertera BPOM.

3. Buat Brand Sendiri

Tentukan brand frozen food yang unik dan mudah dikenal masyarakat. Buat stiker brand mu untuk ditempel pada kemasan. Buat semenarik mungkin brand mu agar orang mudah mengingatnya.

4. Perhatikan Tanggal Kadarluwarsa Produk

Meski bisa disimpan dalam waktu yang lama, frozen food tetap memiliki tanggal kadarluwarsa. Untuk itu, sebelum membeliannya di produsen, pastikan terlebih dahulu setiap produk frozen food memiliki tanggal kadarluwarsa yang masih Panjang. Namun, sebagai penjual jangan lupa untuk mengecek batas waktu produk secara berkala.

5. Pastikan Frozen Food dalam Kemasan yang Baik

Kamu wajib memastikan bahwa plastik atau kemasan frozen food yang dipilih dalam kondisi yang baik. Artinya kemasan tidak rusak seperti bolong, sobek dan lainnya yang menyebabkan angin atau udara bisa masuk ke dalam kemasan. Jika ini terjadi, maka akan membuat produkmu cepat basi.

6. Promosikan Frozen Food di Media Sosial

Biar usaha frozen food dilihat banyak orang dan target pembeli bisa lebih luas lagi, Anda perlu mempromosikan di media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya. Buat akun khusus bisnis frozen food dan maksimalkan penggunaan fitur yang tersedia, sehingga tampilan media sosial terlihat bagus. Dengan begitu, akan menarik perhatian orang lain untuk membeli produk frozen food yang dijual.

7. Kelola Keuangan Bisnis dengan Bijak

Meski menjalankan bisnis rumahan, kamu tetap harus mengelola keuangan bisnis dengan bijak. Mulai dari mengatur pengeluaran untuk membeli produk frozen food, operasional, dan sebagainya.

Baca Juga: Ini Tips Buat yang Tertarik Buka Usaha Frozen Food
Bisa Hasilkan Cuan, Begini Cara Bisnis Sayur Agar Banyak yang Beli

Dengan pengelolaan keuangan yang benar, maka bisnis yang dijalankan bisa berkembang lebih besar, dan omzet penjualan akan terlihat lebih jelas.

8. Gunakan Jasa Pengiriman yang Instan

Mengingat bisnis yang kamu jalankan ini berupa makanan, maka gunakan jasa pengiriman atau ekspedisi yang instan atau cepat. Misalnya saja, J&T Ekspress, JNE Reguler, GrabExpress, Gojek Instan dan sebagainya.

Video Terkait