Jangan Salah! Ini Cara Memasak Bayam yang Benar Agar Tidak Berubah Warna

Bayam segar. (Pixnio)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 12 Agustus 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak digemari dan sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Hal ini karena bayam mudah didapat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis menu.

Sayuran hijau satu ini memiliki beragam nutrisi penting yang baik jika dikonsumsi secara rutin. Akan tetapi, dalam proses memasaknya kamu harus melakukannya dengan tepat agar nutrisi di dalamnya tidak hilang.

Selain itu, jika kamu memasaknya secara sembarangan, bisa menyebabkan bayam berubah warna menjadi hitam. Untuk menghindari hal ini, ada hal yang harus diketahui sebelum Sobat Agri hendak memasak sayuran hijau ini.

Tips memasak bayam agar tidak berubah warna

1. Bayam Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang

Kandungan nutrisi pada bayam akan menjadi rusak jika dipanaskan. Selain itu, sayur bayam pun pasti akan berwarna kehitaman.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayam memang mengandung nitrat, namun masih dalam level aman sehingga tidak perlu ditakutkan. Nitrat juga adalah komponen alami yang biasa terdapat di semua sayuran, bukan hanya bayam.

2. Bayam Harus Langsung Dihabiskan

Semakin lama didiamkan, warna sayur bayam pasti akan menghitam, apalagi kuahnya. Karena itu, sebisa mungkin masak bayam dalam porsi sekali makan. Jadinya, tidak akan ada bayam yang perlu didiamkan hingga berjam-jam lamanya.

Baca Juga: Jangan Salah! Ini Cara Memasak Bayam yang Benar Agar Tidak Berubah Warna
Makanan yang Dikonsumsi Untuk Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Harian

3. Bayam Cukup Dimasak 1 Menit

Bayam pada dasarnya mengandung banyak antioksidan, vitamin (A, K, C, Folat), mineral (besi, mangan) dan serat. Sayangnya, nutrisi ini bersifat sangat cepat rusak. Oleh karena itu untuk menghindarinya, usahakan memasaknya tidak dalam waktu yang lama.

Cukup lakukan perebusan selama 1 menit saja, sebab jika lebih dari 4 menit justru akan membuat bayam kehilangan separuh dari asam folatnya. Selain itu, bayam juga jadi akan menghitam dan kelembekan. Karena hanya perlu dimasak sebentar kita perlu menghindari diri dari kemungkinan parasit yang belum mati.

Video Terkait