4 Cara Menyimpan Tahu Supaya Awet dan Tidak Mudah Basi

Ilustrasi tahu. (pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Jumat, 12 Agustus 2022 | 02:00 WIB

Sariagri - Tahu merupakan sumber protein nabati yang banyak digemari orang. Mengolah tahu juga bukanlah hal yang sulit seperti ditumis, dikukus atau digoreng.

Meski memiliki tekstur yang lembut dan mudah hancur, kandungan dalam tahu kaya akan gizi yang dibutuhkan tubuh. Adapun kandungan di dalamnya meliputi karbohidrat, lemak, dan mineral seperti kalsium, selenium, fosfor, magnesium dan zat besi.

Namun makanan ini juga rentan dan cepat basi. Oleh karena itu, selain menyimpannya di dalam kulkas, kamu juga harus mengetahui cara lain agar tahu bisa lebih awet dalam beberapa hari. 

Melansir sejumlah sumber, berikut ini cara menyimpan tahu supaya awet:

1. Wadah kedap udara

Cara menyimpan tahu supaya awet adalah dengan menggunakan wadah kedap udara. Tahu yang disimpan dalam wadah kedap udara akan awet dan mencegah timbulnya jamur atau bakteri.

2. Rendam air

Cara menyimpan tahu supaya awet juga bisa dilakukan dengan merendamnya dalam air bersih. Ketika membeli tahu di pasar, sebaiknya buanglah air tahunya lalu ganti air bersih. Sebaiknya gunakanlah air matang untuk merendamnya.

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Tahu Supaya Awet dan Tidak Mudah Basi
Jangan Keliru, Begini Cara Memilih Tahu yang Tepat

3. Rebus tahu

Cara menyimpan tahu supaya awet juga bisa dilakukan dengan merebusnya terlebih dahulu. Caranya, didihkan air lalu masukkan tahu. Meski awet, tapi tekstur tahu yang direbus akan lebih padat ketika diolah atau dimasak.

4. Larutan garam

Untuk mengawetkan tahu juga bisa dilakukan dengan merendamnya dalam larutan garam. Tahu yang sudah direbus bisa direndam larutan garam selama beberapa menit. Setelah itu gantilah airnya dengan air bersih dan tahu pun bisa awet hingga seminggu.

Video Terkait