Side Dish Khas Jepang Ini Bisa Kamu Buat di Rumah

Ilustrasi Tororo (PIxabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Rabu, 17 Agustus 2022 | 03:00 WIB

Sariagri - Side dish merupakan makanan yang dihidangkan sebagai pendamping makanan utama. Di Jepang, side dish adalah bagian yang penting dalam budaya makan.

Hal ini karena masih erat dari prinsip makan Ichi Ju San Sai, yang berarti satu sup dan tiga makanan pendamping, termasuk nasi. Istilah ini bermakna bahwa makan itu tidak cukup tanpa adanya makanan pendamping yang tersaji.

Dirangkum dari laman Insanelygoodrecipes, berikut ini ide side dish Jepang yang bisa kamu buat di rumah.

1. Gari

Gari adalah bahan makanan penting dalam sushi. Makanan ini terbuat jadi jahe yang diiris tipis sehingga ketika disantap terasa lembut. Jahe yang digunakan untuk membuat gari adalah jahe muda yang dipanen di awal.

Ciri jahe muda yang cocok untuk gari adalah dagingnya berwarna merah muda pucat. Daging jahe yang sudah diiris direbus, lalu dikeringkan. Setelah kering, jahe dimasukkan ke dalam toples atau wadah yang di dalamnya diberi cuka beras, gula, dan garam. Kamu baru bisa mengonsumsinya setelah beberapa hari disimpan.

2. Menma

Menma adalah side dish yang terdiri dari rebung fermentasi laktat yang dijemur dan dibumbui terlebih dahulu. Bumbu menma sendiri yaitu minyak wijen, gula, kecap, dan garam.

Rebung pun bahan makanan yang ketersediaannya melimpah. Menma sering digunakan sebagai pelengkap makan ramen atau sebagai lauk biasanya yang disantap dengan nasi putih.

3. Tororo

Tororo terbuat dari parutan ubi yang dicampur dengan dashi, daun bawang, dan wasabi. Makanan pendamping ini sering digunakan sebagai topping mie untuk meningkatkan cita rasanya.

Biasanya tororo disajikan dingin dan sebagai lauk nasi atau salad. Namun, tidak jarang dikonsumsi tanpa makanan apa pun. Tekstur tororo memang agak lengket, tapi makanan ini banyak disukai di Jepang karena sehat dan bisa membantu meningkatkan cairan tubuh terutama di musim panas.

Baca Juga: Side Dish Khas Jepang Ini Bisa Kamu Buat di Rumah
Tips Mengurangi Porsi Makan, Jadi Tak Perlu Takut Kelaparan

4. Gomae

Gomae adalah side dish yang menggunakan bahan baku utamanya bayam. Bahan lainnya yang kamu perlukan yaitu kecap, biji wijen panggang, gula, kecap, mirin, dan sake. Gomae memiliki cita rasa manis, asam dan umami yang membuat sayuran lebih sedap.

5. Takuan

Takuan adalah acar lobak khas negeri sakura yang renyah dan memiliki rasa manis dan hint ringan. Proses membuat takuan terbilang praktis. Sebelum dibumbui, lobak dijemur terlebih dahulu. Bahan untuk membuat takuan, yaitu cuka anggur beras, air, gula, garam, dan kunyit.

Video Terkait